Minggu, Desember 4, 2022
No menu items!
BerandaNasionalIndonesia Desak Barat Hilangkan Retorika Anti Rusia

Indonesia Desak Barat Hilangkan Retorika Anti Rusia

TIMETODAY.ID, BALI – Tuan rumah KTT G20, Indonesia, dilaporkan berusaha mencegah pertemuan para pemimpin dunia menjadi pesta yang menghancurkan Rusia.

Menurut laporan Politico, Indonesia mendesak politisi Barat meredam kritik mereka terhadap Moskow sehingga semua anggota G20 dapat dibawa bersama dengan komunike di akhir acara.

“Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan pejabat lainnya di pemerintahannya telah meminta para pemimpin Barat membuat konsesi sejauh mana retorika anti-Rusia mereka atas krisis Ukraina,” ungkap laporan Politico pada Minggu (13/11/2022), mengutip tiga diplomat tak dikenal yang mengetahui pembicaraan tersebut.

Baca Juga :  Menteri Basuki  Tinjau Lokasi Longsor Akibat Gempa Cianjur

KTT G20 dua hari akan dimulai pada Selasa (15/11/2022) di Bali, dan Jokowi berharap menemukan cukup kesamaan bahwa semua anggota G20, termasuk Rusia dan China, dapat menyetujui deklarasi kelompok.

Widodo juga bertujuan mencegah kelompok tersebut mengikuti jejak G8, yang mengusir Moskow dan menjadi G7 setelah Crimea memilih menjadi bagian dari Rusia pada tahun 2014.

Baca Juga :  Usai Gempa Cianjur, Akhirnya Adik Dinar Candy Ditemukan

Pernyataan G7 awal bulan ini mengutuk Rusia karena “perang agresi”-nya melawan Ukraina dan menyerukan agar semua pasukan Rusia ditarik dari bekas republik Soviet.

Kelompok itu juga menuduh Rusia melakukan kejahatan perang di Ukraina dan mengecam Kremlin karena “retorika nuklir yang tidak bertanggung jawab.”

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU