5 Makanan Khas Jepang yang Diyakini Membuat Umur Panjang

makanan khas Jepang
Sup Miso. Foto : Ist.

TIMETODAY.ID – Bukan rahasia lagi, lima makanan khas Jepang ini diyakini bisa membuat umur panjang.

Selain itu, tingkat obesitas di negara ini juga rendah, hanya mencapai 3,5 persen dari total populasi, sementara tingkat penyakit serius seperti kanker payudara, prostat, dan penyakit jantung juga tergolong rendah.

Rahasia di balik kehidupan yang sehat dan umur panjang masyarakat Jepang sebagian besar terkait dengan pola makan mereka.

Advertisement

Menurut Asako Miyashita, seorang ahli gizi profesional dari Tokyo, Jepang, ada lima makanan khas Jepang yang diyakininya menjadi kunci umur panjang penduduk negaranya. Berikut ini adalah penjabarannya:

  1. Ikan

Ikan penting untuk meningkatkan asupan protein dalam makanan Anda, terutama dari ikan berlemak seperti salmon dan tuna.

Kandungan lemak omega-3 dalam ikan dapat membantu menurunkan tekanan darah, trigliserida, dan meredakan peradangan.

Baca Juga :  Buah Ini Rendah Gula Aman untuk Diabetes

Asako juga menyarankan untuk menerapkan praktik makan secara sadar atau ‘mindful eating’ untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup.

  1. Ubi Jepang

Ubi jalar ungu, dikenal sebagai “imo” dalam bahasa Jepang, sering dikonsumsi sebagai makanan ringan atau penutup.

Kaya akan karbohidrat sehat dan antosianin, antioksidan yang membantu mengurangi efek penuaan. Studi juga menunjukkan bahwa konsumsi ubi jalar dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Sup Miso

Sup miso, yang terbuat dari pasta kedelai dan biji-bijian yang difermentasi, merupakan bagian penting dari diet Jepang yang kaya akan makanan fermentasi.

Sup miso mengandung probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan usus dan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan difermentasi seperti miso, tahu, dan tempe dapat mengurangi risiko kematian dini.

  1. Rumput Laut

Mengandung mineral penting seperti zat besi, kalsium, folat, dan magnesium, rumput laut membantu meningkatkan asupan serat harian.

Baca Juga :  2 Buah Ini Ampuh Turunkan Kolesterol, Tertulis dalam Al Quran

Asupan serat yang cukup telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan diabetes tipe 2.

Selain itu, rumput laut mengandung antioksidan seperti fucoxanthin dan fucoidan yang memiliki sifat anti-inflamasi, anti-penuaan, dan anti-kanker.

  1. Lobak Daikon

Sayuran akar ini populer dalam masakan Jepang dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Lobak daikon dapat membantu mencegah penyakit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengandung lebih dari 100% asupan vitamin C harian yang direkomendasikan.

Alternatifnya, jika sulit menemukan lobak daikon, sayuran akar lain seperti wortel, bit, parsnip, dan lobak putih bisa menjadi penggantinya..***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================