5 Penyakit yang Muncul pada Musim Pancaroba yang Harus Diwaspadai

TIMETODAY.IDMusim pancaroba, masa peralihan antara musim hujan dan musim kemarau, sering kali menjadi tantangan bagi kesehatan. 

Perubahan cuaca yang tidak menentu, dari panas terik ke hujan deras dalam waktu singkat, dapat mempengaruhi sistem imun tubuh dan meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit. 

Berikut beberapa penyakit yang sering muncul saat musim pancaroba dan tips untuk tetap sehat.

Advertisement

Penyakit Umum di Musim Pancaroba:

  1. Influenza

Penyakit flu atau influenza adalah salah satu yang paling umum terjadi saat pancaroba. Gejalanya meliputi demam, batuk, sakit tenggorokan, dan nyeri otot. Virus flu mudah menyebar melalui udara, terutama di lingkungan yang lembab.

Baca Juga :  Manfaat Cicak Kering Sebagai Obat Tradisional

2. Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

Perubahan suhu yang drastis dapat menyebabkan ISPA. Gejala termasuk batuk, pilek, dan sesak napas. ISPA sering kali menyerang anak-anak dan lansia.

3. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Nyamuk Aedes aegypti, yang menyebarkan virus dengue, berkembang biak dengan cepat di air tergenang yang sering muncul setelah hujan. Gejala DBD meliputi demam tinggi, nyeri otot, dan ruam kulit.

Baca Juga :  5 Manfaat Memakan Daging Kambing bagi Kesehatan

4. Diare

Konsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi bakteri atau virus lebih sering terjadi saat pancaroba. Penyakit ini dapat menyebabkan dehidrasi, terutama pada anak-anak.

5. Alergi

Perubahan cuaca dapat memicu alergi, seperti rinitis alergi atau eksim. Gejalanya bisa berupa bersin-bersin, hidung tersumbat, gatal-gatal, dan ruam kulit. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================