Cek Fakta! Benarkah Konsumsi 3 Nastar Setara dengan 1 Piring Nasi? Ini Kata Dokter

Nastar
Kue Nastar. Foto : Ist.

TIMETODAY.IDNastar menjadi salah satu pilihan utama di tengah perayaan Idulfitri. Kue kering yang menggoda dengan isi selai nanas ini kerap menjadi favorit di meja makan.

Namun, banyak yang menganggap bahwa nastar memiliki kandungan kalori yang tinggi, bahkan setara dengan makanan pokok seperti nasi. Namun, apakah klaim ini benar?

Menurut dr. Saptawati Bardosono, seorang dokter spesialis gizi, kalori dalam nastar dapat bervariasi tergantung pada bahan-bahan yang digunakan. Secara umum, satu butir nastar mengandung sekitar 40 kalori.

Advertisement

Dengan demikian, jika mengonsumsi tiga butir nastar akan setara dengan 120 kalori, jumlah yang hampir sama dengan sepiring nasi (100 gram) yang memiliki sekitar 130 kalori.

Baca Juga :  Ajaib! Tidak Perlu Operasi, Ini Cara Mudah Membesarkan Payudara Hanya Pakai Bumbu Dapur, Lengkap Dengan Caranya

“Satu kue nastar biasanya mengandung sekitar 40-an kalori, jika dibandingkan dengan 100 gram nasi yang mengandung 130 kalori, maka mengonsumsi sekitar 3 buah kue nastar akan setara dengan makanan pokok,” ungkap dr. Saptawati seperti dilansir oleh CNBC Indonesia, Sabtu (13/4/2024).

Selain itu, total kalori per resep nastar akan bervariasi tergantung pada resep yang digunakan dan jumlah kue yang dihasilkan.

Tidak hanya nastar, kue-kue kering lainnya yang terbuat dari tepung terigu, mentega, dan gula juga memiliki jumlah kalori yang serupa dengan nastar, menurut dr. Saptawati.

Baca Juga :  Olahraga Ini Bantu Menurunkan Kolesterol

“Kue Lebaran lainnya juga memiliki jumlah kalori yang serupa dengan nastar karena terbuat dari bahan yang sama,” tambahnya.

Dalam mengonsumsi makanan seperti ini, dr. Saptawati juga menyarankan untuk menjaga porsi, mengingat makanan yang lezat, gurih, dan mengundang untuk terus dikonsumsi cenderung tinggi dalam kalori, lemak, gula, dan garam. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================