PKRS RSUD Leuwiliang Beri Edukasi Kepada Pengunjung dan Anak – anak Tentang Pentingnya Buah

PKRS RSUD LEUWILIANG

TIMETODAY.ID – Banyak cara yang dilakukan RSUD Leuwiliang dalam memberikan pelayanan sekaligus mengedukasi pengunjung rumah sakit. Salah satunya memberikan edukasi tentang buah kepada anak – anak.

“Kegiatan seperti ini sering kami lakukan kepada pengunjung rumah sakit, tidak hanya kepada anak – anak saja, tapi semua pengujung rumah sakit kami berikan edukasi mengenai apapun yang berkaitan dengan kesehatan,” tutur kepada PKRS RSUD Leuwiliang Amir, sapaan akrabnya.

Amir menjelaskan, pentingnya memberikan edukasi mengenai buah kepada anak – anak untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan asupan vitamin yang baik untuk tumbuh kembang seorang anak.

Advertisement

“Kami mengenalkan kepada anak – anak Mengenali nama buah, warna buah, bentuk buah, ukuran buah, aroma buah, rasa buah dan kegunaan makan buah,” tutur Amir.

Baca Juga :  RSUD Cibinong Siap Kolaborasi, Dukung Penuh Program Kerja JJB

Untuk mengasah kemampuan berpikir si Kecil, bisa mulai mengajak ia belajar mengenal ukuran. Sebagai contoh, bisa memberikannya buah stroberi dan jeruk. Lalu, pinta si Kecil untuk menggenggam jeruk di tangan kanannya dan stroberi di tangan kirinya.

“Ketika memasuki usia 1 tahun, si Kecil sudah mulai bisa membedakan aroma. Ini saatnya bagi Ibu untuk mengasah indra penciuman si Kecil dengan cara mengajaknya mengingat aroma buah-buahan. Ibu bisa memberikan buah yang beraroma segar seperti jeruk dan mangga, maupun beraroma menyengat seperti durian,” kata dia.

Sedangkan untuk melatih pengecap atau rasa, boleh dicoba, si Kecil diberikan buah jeruk nipis baru sekali jilat, wajahnya langsung berkerut karena rasa buah yang masam. Selain bisa melihat ekspresi menggemaskan si Kecil, cara ini juga dapat melatih indra pengecap si Kecil.

Baca Juga :  Polisi Temukan Luka Benda Tumpul di Kepala Jasad Wanita dalam Koper di Bekasi

“Kita juga bisa bereksperimen dengan buah lain dengan varian rasa yang berbeda, seperti melon yang manis, dan sebagainya,” imbuhnya.

“Selain menyehatkan, buah-buahan juga bisa digunakan sebagai salah satu media permainan edukasi yang efektif dan menyenangkan. Mulai kenalkan berbagai jenis buah-buahan pada anak – anak,” pungkas Humas RSUD Leuwiliang itu. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================