Kenali Tanda-tanda Tubuh Alami Overdosis Garam, Bisa Memicu Sakit Jantung

Garam
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Meskipun bermanfaat bagi tubuh, mengonsumsi garam secara berlebihan hingga overdosis dapat memiliki dampak negatif yang bervariasi bagi kesehatan.

Makanan tinggi garam ini bisa kita dapatkan dari berbagai sumber seperti makanan cepat saji.

Menurut informasi dari Harvard School of Public Health, kelebihan natrium dalam makanan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, penyakit jantung, dan stroke.

Advertisement

Selain itu, dapat juga mengakibatkan kehilangan kalsium, yang beberapa di antaranya mungkin berasal dari tulang.

Berikut adalah 9 tanda bahwa Anda mengonsumsi garam secara berlebihan yang harus diperhatikan.

  1. Sering buang air kecil

Terlalu banyak garam dalam tubuh dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil dalam sehari karena garam dapat menyebabkan rasa haus dan mendorong untuk minum lebih banyak air.

  1. Perut kembung

Perut kembung adalah salah satu tanda umum akibat terlalu banyak mengonsumsi garam. Biasanya, perut kembung terjadi karena penumpukan cairan akibat tubuh menahan air.

  1. Tekanan darah tinggi
Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Tentang Susu Pasteurisasi

Kandungan natrium yang berlebihan dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah. Tingginya kandungan garam membuat tubuh sulit untuk membuang cairan yang tidak diperlukan, yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

  1. Gangguan pencernaan

Tanda lain akibat konsumsi garam berlebihan adalah gangguan pencernaan seperti sakit perut, kram, mual, dan diare.

  1. Bertambahnya berat badan

Penahanan air oleh tubuh dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Jika berat badan bertambah secara cepat dalam waktu singkat, kemungkinan besar salah satu penyebabnya adalah konsumsi garam yang berlebihan.

  1. Sering merasa haus

Jika Anda sering merasa sangat haus, ini dapat menjadi tanda bahwa tubuh mengalami dehidrasi akibat konsumsi garam yang berlebihan.

Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan konsumsi air mineral untuk mengurangi kandungan garam berlebih dan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

  1. Gangguan tidur
Baca Juga :  Inilah Manfaat Bunga Telang Untuk Kaum Hawa

Konsumsi garam berlebihan, terutama sebelum tidur, dapat mengganggu tidur. Salah satu tanda gangguan tidur akibat konsumsi garam berlebihan adalah tidur yang gelisah, sering terbangun di malam hari, dan kurangnya istirahat di pagi hari.

  1. Merasa lemah

Salah satu tanda kelebihan garam dalam tubuh adalah sering merasa lemah. Kadar garam yang tinggi dalam darah menyebabkan keluarnya air dari sel untuk menyeimbangkan kadar garam, yang dapat menyebabkan tubuh merasa lemah.

  1. Pembengkakan tubuh

Pembengkakan tubuh adalah tanda lain dari kelebihan natrium dalam tubuh. Biasanya, bagian tubuh yang membengkak akibat konsumsi garam berlebihan adalah wajah, tangan, kaki, dan pergelangan tangan. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================