Buah Ini Rendah Gula Aman untuk Diabetes

BUAH

TIMETODY.ID – Karena kandungan gula yang tinggi, para penderita diabetes umumnya memiliki batasan konsumsi buah, padahal ada juga buah rendah gula yang bisa disantap.

Buah juga mengandung vitamin, mineral dan komponen bernama fitokimia. Tetap penting memasukkan buah dalam diet harian asal dalam porsi yang tepat dan seimbang. Anda pun bisa mempertimbangkan beberapa jenis buah rendah gula dan aman dikonsumsi pengidap diabetes.

Berikut jenis buah rendah gula yang aman untuk penderita diabetes.

Advertisement
  1. Jeruk

Jeruk termasuk buah rendah gula. Satu butir jeruk bisa memberikan Anda 78 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari. Di balik rasa manis segarnya, rupanya jeruk memberikan 12 gram gula dan kurang dari 70 kalori.

Meski angka 12 gram terhitung cukup besar, jeruk juga mengandung asam folat (10 persen dari kebutuhan harian) dan potasium (5 persen dari kebutuhan harian) yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah.

  1. Lemon

Jenis sitrus seperti lemon dan jeruk nipis mengandung sedikit gula. Melansir dari Healthline, per buah lemon atau jeruk nipis hanya mengandung sekitar 1 gram gula.

Baca Juga :  Mengenal Teknik Mewing yang Diklaim Bisa Perbaiki Bentuk Wajah

Anda bisa menambahkan buah rendah gula ini pada air putih sebagai infused water. Konsumsi cairan terjaga, ada kandungan manfaat vitamin C juga membantu menekan nafsu makan.

  1. Alpukat
Baca Juga :  Sejarah Singkat Hari Wayang Nasional 2022 yang Diperingati Setiap 7 November Alpukat mungkin tidak masuk ‘top of mind’ jika Anda memikirkan buah dan kandungan gula.
Padahal alpukat jadi salah satu buah rendah gula dan aman untuk diabetes. Satu buah alpukat hanya mengandung 1 gram gula. Buah ini pun bisa Anda jadikan sumber lemak sehat sehingga membuat perut kenyang lebih lama.
  1. Beri

Jenis beri termasuk stroberi, raspberi, blueberry dianggap sebagai ‘superfood’ untuk diabetes. Melansir dari Everyday Health, beri kaya akan kandungan antioksidan dan serat.

Blueberry, misalnya, mengandung 84 kalori, 21 gram karbohidrat dan 3,5 gram gula dalam 64 gram sajian. Dalam jumlah yang sama, stroberi pun hanya mengandung 3,5 gram gula, sedangkan raspberi sekitar 2,5 gram.

  1. Semangka

Semangka memang buah ikonik di musim kemarau atau saat matahari sedang terik-teriknya. Kandungan gulanya kurang dari 10 gram dalam tiap 128 gram sajian. Bonusnya, semangka bisa menolong Anda dari rasa haus dan lapar sekaligus karena kandungan airnya.

  1. Kiwi
Baca Juga :  Iwan Bule Minta Peminat Kursi Ketum PSSI Harus Bersabar

Sebenarnya secara teknis kiwi juga termasuk beri yang merupakan buah rendah gula. Kiwi banyak mengandung vitamin C dan sedikit gula.

Baca Juga :  Waspada Gejalanya Penyakit Empty Sella Syndrome

Hanya sekitar 6 gram per buahnya. Selain itu, melansir dari Everyday Health, tiap buah bisa mengandung 215 miligram potasium, 2 gram serat, 10 gram karbohidrat dan 42 kalori.

  1. Pir

Pir jadi buah rendah gula yang tepat dimasukkan dalam menu makan Anda. Buah ini bisa dibilang sumber serat yang baik sebab dalam satu butir pir mengandung hampir 5,5 gram serat atau 20 persen dari kebutuhan serat harian.

Pir pun memiliki indeks glikemik rendah. Satu butir pir berukuran sedang memiliki indeks glikemik 30, sehingga bisa menjadi alternatif pilihan buah rendah gula untuk penderita diabetes.

=========================================================