Sejarah Hari Wayang Nasional, Diperingati Setiap 7 November

WAYANG

TIMETODY.ID – Hari Wayang Nasional diperingati setiap tanggal 7 November. Kali ini peringatan Hari Wayang Nasional jatuh pada Senin.

Sebagaimana diketahui, wayang adalah salah satu warisan budaya bangsa yang masih lestari hingga sekarang.

Penetapan Hari Wayang Nasional setelah mendapatkan perhatian dari UNESCO sebagai World Master Piece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Advertisement

Salah satu pertimbangan penetapan Hari Wayang Nasional adalah wayang telah tumbuh dan berkembang menjadi aset budaya nasional yang memiliki nilai sangat berharga dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa Indonesia.

Baca Juga :  Unpak Resmikan Karya Miniatur Gedung Perkuliahan Fakultas Teknik

Penetapan itu juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap wayang Indonesia.

Mengutip laman Sekretariat Kabinet (Setkab) Republik Indonesia, Keputusan Presiden tentang penetapan Hari Wayang Nasional tersebut mulai berlaku sejak 17 Desember 2018.

“Menetapkan tanggal 7 November sebagai Hari Wayang Nasional,” Bunyi diktum KESATU Keppres tersebut.

“Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” bunyi diktum KETIGA Keppres Nomor 30 Tahun 2018, yang telah ditetapkan di Jakarta pada tanggal 17 Desember 2018.

Baca Juga :  13 Persen Anak Stres Gegara Belajar Online

Ditegaskan dalam Keppres tersebut, Hari Wayang Nasional bukan hari libur nasional. Ditetapkannya Hari Wayang Nasional ini juga karena wayang telah tumbuh dan berkembang menjadi aset budaya nasional yang memiliki nilai sangat berharga dalam pembentukan karakter dan jati diri bangsa Indonesia. (*)

=========================================================