Tak Hanya Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei Juga Rayakan Peringatan Hari Lainnya, Berikut Daftarnya!

2 Mei
Ilustrasi.

TIMETODAY.ID – Pada tanggal 2 Mei diperingati beberapa hari penting baik di tingkat nasional maupun internasional.

Di Indonesia, tanggal 2 Mei dirayakan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Secara global, tanggal ini juga diperingati sebagai Hari Kakak dan Adik Internasional, Hari Kata Sandi Sedunia, dan Hari Ikan Tuna Sedunia.

Hari Pendidikan Nasional

Advertisement

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merupakan peringatan penting di Indonesia yang menekankan peranan sistem pendidikan dalam kemajuan bangsa.

Penetapan tanggal 2 Mei sebagai Hardiknas didasarkan pada kelahiran Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia, sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 305 tahun 1959.

Baca Juga :  Ternyata Parfum Sudah Dikenal Sejak Ribuan Tahun Lalu, Begini Kisahnya

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) setiap tahunnya menyelenggarakan peringatan ini, dengan tema untuk tahun 2024 adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.

Hari Kakak dan Adik Internasional

Hari Kakak dan Adik Internasional (Brothers and Sisters Day) diperingati internasional untuk menghormati hubungan saudara kandung dan memperkuat ikatan keluarga. Hari ini terinspirasi oleh Claudia Evart, pendiri Siblings Day (Hari Saudara), yang ingin menghargai saudaranya setelah kematian mereka.

Hari Kata Sandi Sedunia

Hari Kata Sandi Sedunia (World Password Day) pada tanggal 2 Mei menekankan pentingnya keamanan kata sandi yang kuat untuk melindungi data pribadi. Peringatan ini diciptakan oleh perusahaan Intel dan diperingati setiap hari Kamis pertama di bulan Mei.

Baca Juga :  Ada Libur Panjang awal Ramadan, Catat Tanggalnya!

Hari Ikan Tuna Sedunia

Hari Ikan Tuna Sedunia (World Tuna Day) juga diperingati pada tanggal 2 Mei untuk menghargai peran penting ikan tuna dalam ekosistem laut dan ekonomi global. Peringatan ini menggarisbawahi pentingnya melindungi kawanan tuna dan mempromosikan penangkapan ikan yang berkelanjutan. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================