5 Dekorasi Rumah Ala Jepang, Bikin Suasana Nyaman dan Sejuk

dekorasi rumah ala Jepang
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Beberapa negara memiliki desain interior rumah yang terkenal, salah satunya adalah Jepang. Gaya dekorasi rumah ala Jepang sering dikaitkan dengan atmosfer yang tenang dan damai yang dikenal sebagai zen.

Penggunaan furnitur minimalis dan dekorasi alami adalah ciri khas yang mencolok dari rumah-rumah ala Jepang. Konsep ini dapat diadopsi di rumah kita sendiri untuk meningkatkan kenyamanan.

Bagi mereka yang tertarik dengan dekorasi rumah ala Jepang, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti:

Advertisement
  1. Memperkenalkan unsur alam

Salah satu ciri khas rumah Jepang adalah penggunaan unsur alam. Menghadirkan elemen alami ke dalam rumah dapat menciptakan suasana yang sejuk dan dekat dengan alam.

Ini bisa dilakukan dengan menambahkan tanaman khas Jepang seperti bambu atau bonsai sebagai dekorasi rumah. Selain itu, tanaman hias dalam ruangan yang sedang populer juga dapat dipilih untuk mempercantik interior rumah.

  1. Konsep ruang terbuka yang menyegarkan
Baca Juga :  Rekomendasi Film Seru untuk Menemani Perayaan Tema Imlek 2024

Konsep ruang terbuka di rumah Jepang juga membantu menciptakan hubungan yang harmonis dengan alam. Jika ada ruang terbuka di rumah, manfaatkanlah dengan baik. Ruang terbuka ini juga membantu pencahayaan alami dan pertumbuhan tanaman dalam ruangan yang membutuhkan cahaya matahari.

  1. Pilihan warna netral dan unsur kayu

Penggunaan kayu dan warna netral adalah ciri khas lain dari dekorasi rumah ala Jepang. Dekorasi yang mengutamakan kayu adalah pilihan yang bagus untuk menciptakan suasana yang alami dan harmonis di rumah.

Warna-warna netral seperti cokelat, putih, atau krem sering dipilih untuk furnitur. Sentuhan hijau dari tanaman hias dalam ruangan akan menambah kesan segar pada rumah.

  1. Konsep minimalis

Desain minimalis juga merupakan ciri khas dekorasi rumah ala Jepang, baik dari segi interior maupun penataan furnitur.

Selain itu, adanya area genkan, yang merupakan area di depan ruang tamu di mana tamu melepas alas kaki, adalah salah satu contoh desain minimalis Jepang yang khas.

  1. Penggunaan furnitur khas Jepang
Baca Juga :  PBB Hanya Bisa Keluarkan Kata “Mengecam” soal Demo Berdarah Myanmar

Ada banyak jenis furnitur khas Jepang yang dapat diaplikasikan di rumah. Selain genkan dan getabako, ruang TV atau ruang tamu dapat diatur dengan meja kopi sederhana dan karpet. Pemasangan pintu geser ala Jepang yang disebut Shoji juga dapat meningkatkan nuansa Jepang dalam rumah.

Itulah beberapa tips dekorasi rumah ala Jepang yang dapat diterapkan di rumah. Selain itu, metode Konmari, yang merupakan metode merapikan rumah yang efektif yang diperkenalkan oleh Marie Kondo, juga bisa diterapkan untuk menciptakan suasana minimalis, rapi, dan apik seperti rumah ala Jepang.***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================