Jejak Hitam Shen Yinhao, Wasit Pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Shen Yinhao
Shen Yinhao

TIMETODAY.ID Shen Yinhao, wasit asal Cina telah dipilih untuk memimpin pertandingan semifinal Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan dalam Piala Asia U-23 2024. Penunjukannya menjadi kontroversi di kalangan suporter dan netizen Indonesia.

Penunjukan Shen Yinhao mengingatkan banyak orang akan kontroversi sebelumnya yang melibatkan kinerjanya. Dia sebelumnya bertugas sebagai wasit dalam SEA Games 2023 di Kamboja.

Selain dari kinerjanya yang sering menjadi sorotan, terungkap bahwa Shen Yinhao juga terlibat dalam kasus dugaan plagiarisme. Pada tahun 2020, tesisnya menjadi bahan perdebatan di dunia sepak bola Cina karena dianggap plagiat.

Advertisement
Baca Juga :  Komang Teguh Diprediksi Gantikan Rizky Ridho saat Berhadapan dengan Irak di Piala Asia U-23

Shen Yinhao dituduh melakukan plagiarisme terhadap tesis yang diterbitkan sebelumnya oleh Lu Yunfei pada tahun 2012 dengan judul yang serupa. Kasus plagiarisme ini menghebohkan dunia sepak bola Cina, tetapi akhirnya menghilang tanpa ada penyelidikan hukum yang jelas.

Selain kontroversi plagiarisme, Shen Yinhao juga menuai kritik atas keputusan kontroversialnya saat memimpin pertandingan Liga Super Cina pada 17 Oktober 2020.

Baca Juga :  Alhamdulilah, Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23 Usai Taklukan Korea Selatan

Pada pertandingan tersebut, dia memberikan penalti yang menguntungkan tim Shandong Luneng, yang kemudian memicu perdebatan publik.

Meskipun demikian, Shen Yinhao juga pernah mendapat penghargaan Peluti Perunggu di Liga A Cina pada 2015, meskipun rekam jejaknya dalam dunia sepak bola tidak selalu mendapat tanggapan positif. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================