Daftar 8 Penyakit yang Bisa Sembuh dengan Berpuasa

puasa
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID –  Berpuasa bukan hanya tentang menahan keinginan dan menahan makanan serta minuman, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan tubuh.

Ada berbagai manfaat yang dapat dirasakan saat berpuasa, termasuk penurunan berat badan dan peningkatan fungsi otak.

Melansir Medical News Today, ada delapan penyakit yang dapat diatasi melalui praktik puasa.

Advertisement
  1. Diabetes

Puasa membantu mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin. Ini menguntungkan bagi penderita diabetes karena membantu mengelola kondisi mereka.

  1. Ginjal

Berpuasa mengurangi beban pada ginjal dan berkontribusi pada penurunan berat badan, yang positif untuk kesehatan ginjal. Hal ini karena puasa mengurangi faktor risiko terkait penyakit ginjal.

  1. Kolesterol atau obesitas
Baca Juga :  Manfaat Cicak Kering Sebagai Obat Tradisional

Puasa membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik). Ini mengurangi risiko obesitas dan masalah kesehatan terkait.

  1. Jantung

Berpuasa mengontrol faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah, kolesterol, dan berat badan. Perubahan pola makan selama puasa membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

  1. Kanker

Puasa memiliki potensi dalam pengobatan kanker dengan mengurangi pertumbuhan tumor dan meningkatkan respons terhadap pengobatan. Ini karena puasa mendukung autofagi, di mana sel-sel tubuh membersihkan racun.

  1. Kesehatan usus
Baca Juga :  Kapan Awal Ramadan 2024, Berikut Versi Muhammadiyah dan NU

Puasa memperbaiki keseimbangan mikrobiota usus, memungkinkan bakteri baik berkembang dan mendominasi. Ini meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan.

  1. Strok atau hipertensi

Puasa menurunkan tekanan darah dan kadar garam dalam tubuh, mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Ini juga mengurangi peradangan, memperbaiki sistem kardiovaskular.

  1. Penyakit autoimun

Puasa mengurangi peradangan tubuh, menguntungkan penderita penyakit autoimun. Ini mendukung pertumbuhan bakteri baik dan mengurangi bakteri berbahaya. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================