Ide Kegiatan di Bulan Ramadan yang Positif dan Penuh Makna

Ramadan
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Dengan sedikit kreativitas dan semangat, Anda dapat mengalami momen Ramadan kali ini dengan lebih baik dan lebih bermakna.

Berikut beberapa ide kegiatan postif dan penuh makna selama bulan Ramadan:

  1. Berbuka Puasa Bersama

Salah satu tradisi yang dilakukan selama bulan Puasa adalah menunggu waktu berbuka, yang lebih dikenal sebagai berbuka puasa bersama atau “ngabuburit”.

Advertisement

Ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan selama bulan Ramadan dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia untuk menunggu waktu adzan Maghrib tiba.

Biasanya, banyak orang menghabiskan waktu ngabuburit dengan berjalan-jalan atau membeli camilan atau takjil untuk berbuka puasa.

Tidak jarang juga, menjelang berbuka, banyak penjual takjil di pinggir jalan yang menawarkan berbagai pilihan camilan khas Ramadhan. Anda juga bisa membeli berbagai macam makanan seperti kolak, kue basah, hingga gorengan yang menjadi menu favorit di bulan suci ini.

  1. Berbagi Makanan Sahur dan Berbuka Puasa Bersama
Baca Juga :  Sayuran Yang Cocok Untuk Program Diet

Salah satu aspek terbaik dari bulan Ramadan adalah berbagi makanan bersama. Sebagai anak kosan, Anda bisa merencanakan untuk sahur bersama di pagi hari sebelum waktu imsak dan berbuka puasa bersama setelah matahari terbenam.

Setiap orang bisa membawa hidangan favorit mereka untuk dibagikan kepada teman-teman lainnya. Hal ini akan menciptakan momen yang sempurna untuk berbagi cerita, tawa, dan kebersamaan.

  1. Mengikuti Kajian Online

Mengisi waktu selama Ramadan dengan kegiatan positif sangat dianjurkan. Salah satunya adalah mengikuti kajian online untuk meningkatkan pengetahuan dan keimanan dalam agama.

Meskipun dilakukan secara daring, mengikuti kajian tersebut tidak akan mengurangi pahala dan keberkahan, selama niatnya sungguh-sungguh.

  1. Melakukan Olahraga Ringan

Meskipun menjalani puasa selama lebih dari 12 jam, bukan berarti Anda harus bermalas-malasan dan tidur sepanjang hari. Sangat disarankan untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh selama berpuasa, seperti olahraga ringan.

Baca Juga :  Sinopsis Film Dilan 1983 : Wo Ai Ni, Prekuel Masa Kecil Dilan SD

Anda dapat melakukan aktivitas seperti jalan kaki, berlari, atau yoga untuk menjaga kebugaran selama bulan Ramadan. Lakukan olahraga tersebut sekitar satu jam sebelum berbuka puasa sambil menunggu waktu Maghrib minimal dua kali dalam seminggu.

  1. Mengadakan Acara Kebudayaan dan Seni

Ramadhan bukan hanya tentang ibadah, tetapi juga tentang kebersamaan dan kegembiraan. Sebagai anak kosan, Anda dapat mengadakan acara kebudayaan dan seni yang mencerminkan kekayaan budaya Islam.

Misalnya, Anda bisa mengatur pertunjukan musik, drama, atau pameran seni yang bertema Ramadhan. Hal ini bisa menjadi kesempatan yang menyenangkan untuk mengekspresikan kreativitas dan merayakan keindahan budaya Indonesia. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================