Wujudkan Indonesia Emas, HMI Cabang Kota Bogor Gencarkan Sosialisasi PHBS

HMI Cabang Kota Bogor
HMI Cabang Kota Bogor menyelenggarakan penyuluhan sekaligus mendemonstrasikan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tema “Anak Sehat Indonesia Emas” kepada 150 siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Mulyaharja, Bogor, Jawa Barat.

TIMETODAY.IDHMI Cabang Kota Bogor menyelenggarakan penyuluhan sekaligus mendemonstrasikan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan tema “Anak Sehat Indonesia Emas” kepada 150 siswa Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Mulyaharja, Bogor, Jawa Barat belum lama ini.

Ketua Umum HMI Cabang Kota Bogor, Sofwan Anshori mengungkapakan bahwa kegiatan itu dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan Indonesia emas 2045. Dengan harapan, menumbuhkan kesadaran akan pentingnya PHBS di lingkungan sekolah.

“Anak-anak adalah aset berharga yang harus kita jaga,” ungkap Sofwan.

Advertisement

Berdasarkan catatan penggungjawab kesehatan, Nandi Misfaqul Athorid bahwa jumlah anak di Indonesia rata-rata 30 persen dari total penduduk Indonesia dan usia sekolah merupakan masa keemasan untuk menanamkan nilai-nilai perilaku hidup bersih dan sehat.

“Sehingga anak berpotensi sebagai agen perubahaan untuk mempromosikan PHBS, baik di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga :  Pengembangan Kampus Universitas Muhammadiyah Bogor Raya Mulai Dibahas

Sementara itu, Kepala sekolah MI Darul Ulum Mulyaharja, Ujang Enduh menyampaikan kegiatan ini sangat penting dilaksanakan agar para siswa mengetahui bagaimana hidup bersih dan sehat khususnya di lingkungan sekolah.

Ia mengakui, kegiatan sosialisasi mengenai PHBS tersebut kali pertama. Dengan adanya sosialisasi itu, ia berharap jadi pengingat untuk menerapkan PHBS di lingkungan sekolah.

“Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tidak hanya diperuntukkan untuk siswa dan siswi saja akan tetapi guru dan pihak sekolah juga harus mendukung dengan cara memfasilitasi sekolah agar bersih dan sehat,” tutur Ujang.

Melalui kegiatan penyuluhan, sambung Ujang para siswa dan sekolah diharapkan bisa memahami betapa pentingnya menerapkan PHBS. Sehingga orang-orang yang ada di sekitar sekolah khususnya anak-anak sekolah dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Baca Juga :  Renovasi Musala Jadi Kegiatan Penutup KBM HMI Cabang Kota Bogor

Seperti diketahui, PHBS pada usia dini sangat baik untuk mendidik dan menanamkan kesadaran akan pentingnya kebersihan sebagai upaya menjaga kesehatan diri dan lingkungan.

Salah satu sasaran PHBS di institut pendidikan perlu mendapatkan perhatian disamping populasi anak usia sekolah dalam suatu komunitas cukup besar yaitu antar 40-50 persen anak usia sekolah merupakan masa rawan terserang berbagai penyakit.

Sebagai informasi tambahan, sosialisasi PHBS tersebut dihadiri oleh pihak Puskesmas Mulyaharja dan Kepala Sekolah MI Darul Ulum Mulyaharja. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================