Demi Jaga Pasokan Listrik saat Idulfitri, Petugas PLN UID Jakarta Raya Rela Tak Libur

PLN
Senior Manager Distribusi PLN UID Jakarta Raya, Erwin Gunawan, melakukan siaga Salat Id di Masjid Istiqlal Jakarta (10/4/2024).Foto : Ist.

TIMETODAY.ID –  Takbir telah berkumandang, tanda Ramadan berganti Syawal. Hari ini masjid-masjid dan lapangan dipenuhi umat muslim untuk menjalankan ibadah salat Idulfitri. Petugas PLN siap siaga menjaga keandalan kelistrikan saat pelaksanaan ibadah tersebut.

Terjun langsung ke lokasi masjid, PLN memastikan ibadah solat Ied berjalan lancar dengan keandalan pasokan listrik. Salah satu masjid yang dijaga keandalan listriknya yaitu Masjid Istiqlal Jakarta. Mulai dari Presiden, Menteri, Duta-Duta Besar, serta ratusan ribu jamaah lainnya mengikuti solat Ied di masjid ini.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Lasiran mengatakan bahwa Masjid Istiqlal menjadi salah satu lokasi pantauan utama dalam siaga kelistrikan Idulfitri tahun ini. PLN telah berkoordinasi dengan banyak pihak, diantaranya panitia pelaksanaan solat Ied, satuan keamanan, dan instansi lainnya untuk memastikan kegiatan salat Id dapat berjalan lancar.

Advertisement
Baca Juga :  Resto D'Colonel Beri Peluang Wanita Bogor Berwirausaha

“PLN sendiri telah melakukan berbagai persiapan dari jauh-jauh hari. Seperti melakukan inspeksi dan pemeliharaan di Gardu Distribusi yang menyuplai Masjid Istiqlal, serta melakukan upaya penguatan pasokan listrik, dengan memasang UPS,” ujar Lasiran.

Lasiran menambahkan suplai listrik ke Masjid Istiqlal sebanyak 5 lapis dengan petugas siaga di lokasi maupun di Distribution Control Center. PLN UID Jakarta Raya telah memasang Automatic Change Over (ACO) yaitu alat pemindah otomatis dan 2 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) sebesar 340 kilovolt ampere (kVA) di Masjid Istiqlal, sebagai bentuk penguatan pasokan listrik. Dimana telah dilakukan juga uji coba dan simulasi dengan pihak teknisi Masjid Istiqlal untuk memastikan peralatan tersebut bekerja dengan baik.

“Alhamdulillah hari ini pelaksanaan Salat Idulfitri di Masjid Istiqlal berjalan dengan khidmat dan lancar, tanpa ada suatu kendala kelistrikan apapun. Tentunya ini berkat kerja sama yang baik antarberbagai pihak dan petugas PLN yang siap siaga mengawal pelaksanaan solat Ied ini” ungkap Lasiran usai menunaikan salat Idulfitri di Masjid Istiqlal.

Baca Juga :  Bigland Bogor Hotel Hadirkan Menu Paket Buka Puasa Dug Dug Deals

Lasiran menambahkan bahwa tidak hanya Masjid Istiqlal saja, PLN juga telah mengerahkan seluruh petugas siaga untuk mengecek kesiapan salat Idulfitri di 518  masjid lainnya yang tersebar di seluruh Jakarta.

“Kemarin petugas kami sudah keliling untuk memastikan kesiapan masjid-masjid yang akan menjalankan salat Id. Ini dilakukan agar masyarakat Muslim dapat menjalankan ibadah salat Id dengan tenang dan nyaman,” tutup Lasiran. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================