Zelensky Kibarkan Bendera dan Nyanyikan Lagu Kebangsaan

TIMETODAY.ID, UKRAINA – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky pada Senin (14/11/2022) mengunjungi kota Kherson di Ukraina selatan yang baru dibebaskan.

Zelensky datang ke Kherson setelah pasukan Rusia mundur dari kota strategis dekat Laut Hitam itu.

Kantor Kepresidenan Ukraina membagikan gambar-gambar Zelenksy menyanyikan lagu kebangsaan, memegang tangannya di dadanya saat bendera biru dan kuning negara itu dikibarkan di sebelah gedung administrasi utama kota.

Advertisement

“Penting untuk berada di sini,” kata Zelensky kepada wartawan di kota itu ketika kantornya merilis gambar dirinya bertemu dengan penduduk Kherson dan pejabat militer.

“Kita harus bicara di sini, dukung rakyat agar mereka merasa bahwa kita tidak hanya bicara, tidak hanya membuat janji tetapi benar-benar kembali dan benar-benar mengibarkan bendera kita,” tambahnya.

Pada Minggu malam, Zelensky mengatakan pasukan Ukraina menemukan bukti ratusan “kejahatan perang” baru yang dilakukan oleh penjajah Rusia di Kherson.

Baca Juga :  Rusia Miliki Senjata Mengesankan

Kunjungan berikutnya datang hanya beberapa hari setelah pasukan Ukraina memasuki kota – pusat administrasi wilayah Kherson – setelah Rusia menarik kembali pasukannya pada hari Jumat.

Pengambilalihan oleh pasukan Ukraina adalah yang terbaru dalam serangkaian kemunduran Kremlin, yang menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Semula, pasukan Moskow menargetkan pengambilalihan kilat dan menggulingkan pemerintah Ukraina hanya dalam beberapa hari.

Warga Ukraina di kota yang dibebaskan menyatakan kelegaan. “Saya sangat senang kami akhirnya bebas,” Andriy, 33, seorang mahasiswa filsafat, mengatakan kepada AFP.

“Kami tidak memiliki listrik di kota, tidak ada air, tidak ada pemanas sentral, tidak ada sinyal seluler, tidak ada koneksi internet – tetapi kami tidak memiliki orang Rusia,” lanjutnya.

Namun, juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin membantah bahwa kunjungan pemimpin Ukraina itu berdampak pada status wilayah Kherson, yang secara resmi dicaplok Moskow ke Rusia pada sebuah upacara bulan lalu.

Baca Juga :  Resep Makanan Tradisional Sawut Singkong yang Empuk

Kota Kherson adalah pusat kota besar pertama yang jatuh ke tangan pasukan Rusia dan satu-satunya ibu kota regional yang dikuasai pasukan Moskow.

Perebutannya kembali membuka pintu gerbang bagi Ukraina ke seluruh wilayah Kherson, dengan akses ke Laut Hitam di barat dan Laut Azov di timur.

Wilayah itu adalah salah satu dari empat wilayah yang diumumkan Kremlin pada bulan September dan merupakan bagian dari Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin bersumpah untuk menggunakan semua cara yang tersedia untuk mempertahankan mereka dari pasukan Ukraina.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, dia tidak akan mengomentari kunjungan Zelensky ke Kherson. “Wilayah ini adalah bagian dari Federasi Rusia,” pungksnya. (*)

=========================================================