Kamis, Oktober 6, 2022
No menu items!
BerandaDaerahCegah Korupsi, Tirta Pakuan Fokus Pengawasan Administrasi Tata Kelola Internal Perusahaan

Cegah Korupsi, Tirta Pakuan Fokus Pengawasan Administrasi Tata Kelola Internal Perusahaan

TIMETODAY.ID, BOGOR – Selain halnya meningkatkan pelayanan terhadap para pelanggan. Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor akan fokus terhadap pengawasan internal terkait administrasi dan tata kelola perusahaan.

Menurut Direktur Utama Tirta Pakuan Rino Indira Gusniawan usai mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) terkait Penguatan, Pembinaan Pengawasan dan Pengelolaan yang digelar Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) RI dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara zoom meeting, beberapa waktu lalu. Pengelolaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu harus dilakukan secara profesional, yakni dengan mengedepankan tata kelola perusahaan, transparansi dan akuntabilitas.

Baca Juga :  Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bogor Tetapkan Tiga Raperda Jadi Perda

Peran Sistem Pengawasan Internal (SPI) juga harus ditingkatkan untuk melakukan pengawasan internal di lingkungan BUMD.

“Agar tercapai tujuan dibentuknya BUMD yang ada di Kota Bogor. Dalam mencegah terjadinya korupsi, kami rutin melakukan audit internal dan eksternal setiap tahun, serta menyosialisasikan Whistleblowing System untuk memastikan laporan-laporan ketidaksesuaian, (itu) bisa langsung diakses direksi,” jelas Rino.

Diketahui, Rakornas membahas segala permasalahan yang dialami oleh BUMD-BUMD di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Pelestarian Penca Pusaka Cimande Bogor

Dalam rakornas tersebut Wakil Ketua KPK Republik Indonesia, Alexander Marwata menuturkan, BUMN atau BUMD didirikan bertujuan untuk turut serta melaksanakan pembangunan negara atau daerah khususnya dalam pembangunan ekonomi umumnya untuk memenuhi kebutuhan rakyat menuju masyarakat yang adil dan makmur.

“Berdirinya BUMN atau BUMD untuk menggerakkan roda perekonomian disuatu negara atau daerah untuk memenuhi kebutuhan dan mensejahterakan masyarakat didaerah tersebut,” jelas Alexander.

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU