IMI Berencana Bangun Sirkuit Rumpin Bogor Mirip Mandalika

IMI
Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Aan Triana Al Muharom. Foto : Ist.

TIMETODAY.IDIkatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Bogor, Jawa Barat berencana membangun sirkuit di kawasan Rumpin Bogor, menariknya sirkuti tersebut akan dibangun menyerupai sirkuit Mandalika.

Ketua IMI Kabupaten Bogor, Aan Triana Al Muharom, menyatakan bahwa konstruksi Sirkuit Rumpin di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, direncanakan akan dimulai pada tahun 2024.

Aan menjelaskan bahwa pada tahun 2024, fokus pembangunan Sirkuit Rumpin akan berada pada proses Cut and Fill (proses pengerjaan tanah,red) di lokasi sirkuit yang memiliki panjang 1,5 kilometer dan tersebar di lahan seluas 8 hektar di Kampung Sawah, Desa Sawah, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Advertisement

“Ini akan segera dilakukan proses Cut And Fill di Sirkuit Rumpin dengan anggran sekitar 5 miliar,” ujar Aan, Rabu (24/4/24).

Aan berharap embangunan Sirkuit Rumpin dapat rampung pada tahun 2025 mendatang, dengan tujuan untuk venue Porprov Jabar 2026.

Baca Juga :  Rekomendasi Jas Hujan untuk Perjalanan Mudik Lebaran Tanpa Hambatan

Lebih lanjut, Aan menyatakan harapannya agar Sirkuit Rumpin dapat menjadi destinasi otomotif nasional yang akan berkontribusi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Bogor dan dapat digunakan untuk Road Race, Slalom, dan Drag Race.

Menurutnya, panjang lintasan Sirkuit Rumpin ini mencapai 1,5 kilometer dengan lebar lintasan antara enam hingga delapan meter, sedangkan garis start mencapai 12 meter.

“Alokasi anggaran untuk pembangunan Sirkuit Road Race bisa mencapai Rp 50 miliar, dapat dianggarkan dalam dua tahun atau secara bertahap selama dua tahun,” tambahnya.

Diketahui bahwa di bawah kepemimpinan Aan Triana Al Muharom, Pengcab IMI Kabupaten Bogor telah dua kali berturut-turut meraih juara umum di Porprov pada tahun 2018 dan 2022.

Baca Juga :  Jelang Porprov Jabar 2026, PDBI Kota Bogor Gelar Kejuaraan Terbuka Festival Open Marching Band 2024

Sementara itu, Ketua Umum KONI Kabupaten Bogor, Dedi Ade Bachtiar, mengungkapkan kebanggaannya atas usaha dan motivasi dari pengurus IMI Kabupaten Bogor dalam mewujudkan impian memiliki Sirkuit balap motor di Kabupaten Bogor.

Dedi meminta pembangunan Sirkuit Rumpin ini akan membawa dampak positif pada prestasi balap motor di Kabupaten Bogor dan akan memunculkan lebih banyak potensi pembalap melalui pembinaan IMI Kabupaten Bogor di bawah komando Aan Triana Al Muharom.

Dia juga berharap pembangunan Sirkuit Rumpin dapat selesai pada tahun 2025 dan dapat digunakan untuk pelaksanaan Porprov Jabar 2026. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================