Waspada! Jelang Idul Adha Pencurian Kambing di Bogor Marak

Pencurian Kambing
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.IDPencurian kambing jelang Idul Adha marak di Bogor, Jawa Barat. Sebelumnya beberapa waktu lalu belasan kambing warga Ciomas Bogor raib digondol maling.

Kini kasus serupa terjadi di Kampung Cikadu, Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. Empat ekor kambing milik salah satu peternak di wilayah setempat dilaporkan hilang, Selasa (23/4/2024).

Menurut pemilik kambing yang enggan disebutkan namanya, peristiwa hilangnya kambing tersebut diketahui kala dirinya hendak memberi pakan.

Advertisement

“Persis hilngnya kambing itu tidak tahu, yang paasti waktu sore kemarin masih ada, tapi pas pagi mau diberi pakan sudah tidak ada,” ungkapnya.

Ketua RW 05 setempat Dedi, membenarkan maraknya kasus pencurian di wilayahnya. Berdasarkan catatannya hingga kini terdapat belasan ekor kambing milik warga hilang.

“Iya, semalam ada empat ekor kambing, kalau ditotal kambing milik warga yang hilang di RW kita saja ada 17 ekor selama beberapa waktu ke belakang.” ungkap Dedi.

Sementara itu, Kepala Dusun 03, Desa Sadeng, Tatang, mengaku sudah melaporkan atas peristiwa hilangnya kambing warga kepada pihak terkait.

Baca Juga :  Penuhi Janji Kampanye, Okke Fauzi Serahkan Satu Unit Ambulans dan Ajak Masyarakat Dukung Jaro Ade Jadi Bupati Bogor

“Bukan hanya kali ini saja, pencurian kambing sudah sering terjadi, atas kasus itu saya sudah melaporkan kepada Bhabinkamtibmas,” tutur Tatang.

Tatang berharap, kasus hilngnya kambing menjelang Idul Adha dapat ditindak lanjuti. Selain itu ia juga meminta warg yang merasa  kehilangan kambing dapat melaporkannya.

Sebelumnya, kasus serupa terjadi  di wilayah Ciomas, Bogor,  Jawa Barat. 11 ekor kambing yang menjadi hewan peliharaan warga raib digondol maling.

“Polsek Ciomas menerima laporan mengenai pencurian hewan ternak yang terjadi di Kampung Sinar Harapan, Desa Pagelaran, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor. Hamid, pemilik ternak, melaporkan bahwa sebanyak 11 ekor kambing telah hilang,” kata Kapolsek Ciomas, Kompol Iwan Wahyudi, Minggu (21/4/2024).

Iwan menjelaskan bahwa korban mengetahui kejadian pencurian tersebut saat hendak memberi makan kambing peliharaannya pada Sabtu (20/4/2024) pagi. Pada saat itu, sebelas ekor kambing yang biasanya berada di dalam kandang sudah tidak ada.

“Awalnya, Hamid (korban) ingin memberi makan ternaknya pada pagi hari, tetapi ia melihat bahwa kambing-kambing tersebut sudah tidak ada di kandang. Ia segera melaporkan kejadian ini kepada Piket Reskrim Polsek Ciomas dan anggota Bhabinkamtibmas setempat,” kata Iwan.

Baca Juga :  MANFAAT TIDUR BAGI MANUSIA

Saat ini, kata Iwan, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Mereka berkomitmen untuk menindaklanjuti kejadian ini dengan serius.

“Semua informasi yang terkait dengan kasus ini akan ditangani dengan serius untuk mengungkap pelaku pencurian. Tindakan pencurian hewan ternak seperti ini sangat merugikan bagi peternak dan pemilik hewan,” kata Iwan.

“Kami terus melakukan penyelidikan untuk mengidentifikasi pelaku dan mengembalikan kerugian yang dialami oleh pemilik ternak. Informasi lebih lanjut akan disampaikan setelah proses investigasi berlanjut,” tambahnya.

Iwan juga mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap pencurian hewan ternak dan meminta mereka melaporkan jika melihat aktivitas yang mencurigakan. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================