PWI dan Vietnam Journalists Association Bahas Tantangan Media

Vietnam Journalists Association
Delegasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) diterima dengan hangat oleh Wakil Ketua Vietnam Vietnam Journalists Association (VJA), Nguyen Duc Loi, di Hanoi, Vietnam, pada Senin (22/4/2024). Foto : Ist.

TIMETODAY.IDDelegasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) diterima dengan hangat oleh Wakil Ketua Vietnam Journalists Association (VJA), Nguyen Duc Loi, di Hanoi, Vietnam, pada hari Senin (22/4/2024). Perbincangan hangat terjadi seputar tantangan yang dihadapi oleh profesi jurnalistik.

Pada pertemuan kedua delegasi, berbagai permasalahan yang dihadapi oleh media di kedua negara dibahas. Dalam diskusi tersebut, dua isu yang menjadi fokus adalah penurunan bisnis media dan perubahan pola konsumsi informasi masyarakat yang beralih ke media sosial.

Duc Loi menjelaskan bahwa media sedang menghadapi perubahan signifikan di era digital, di mana produksi koran cetak dan elektronik mengalami penurunan.

Advertisement

Masyarakat Vietnam kini cenderung mendapatkan informasi dari berbagai platform media, terutama media sosial, yang berdampak pada menurunnya pendapatan bisnis media.

“Ada penurunan yang drastis dalam sumber pendapatan. Saat ini, pendapatan dari iklan banyak dialihkan ke media online dan media sosial,” ujarnya.

Baca Juga :  LIBURAN YANG PRODUKTIF DAN BERMANFAAT

Duc Loi menegaskan bahwa sebagian besar media di Vietnam telah beradaptasi dengan perubahan digital. Saat ini, hampir semua media lokal di Vietnam memiliki kehadiran di media sosial untuk memfasilitasi akses informasi bagi masyarakat dan mendukung perkembangan mereka.

Namun demikian, lanjutnya, media sosial juga memiliki dampak negatif, termasuk penyebaran berita palsu dan informasi yang tidak seimbang.

Dalam konteks ini, Direktur Pers Pancasila PWI, Sihono HT, menambahkan bahwa pers harus bertanggung jawab atas kebebasannya untuk mendukung kemajuan negara. PWI telah mendirikan Direktorat Pers Pancasila untuk memastikan wartawan di Indonesia bertanggung jawab terhadap negara.

Sihono juga mengapresiasi Museum Pers Vietnam yang memelihara sejarah perkembangan pers di negara tersebut, sambil mengumumkan rencana pembangunan museum serupa di Indonesia.

Baca Juga :  Polisi Tangkap Kakak-Beradik Perekrut 70 Selebgram untuk Promosikan Situs Judi Online

Diskusi juga memperbincangkan berbagai masalah terkait perkembangan wartawan di masing-masing negara, termasuk regulasi kebebasan pers, arus informasi, dan sumber pemberitaan luar negeri.

Kedua delegasi sepakat untuk memperkuat kerjasama pers antara kedua negara di masa mendatang, dengan komitmen untuk melanjutkan diskusi serupa guna pertukaran pengalaman.

Selain pertemuan, delegasi PWI juga melakukan kunjungan ke berbagai situs bersejarah di Vietnam, sebagai bagian dari upaya mempererat persaudaraan antar wartawan Indonesia dan Vietnam yang sudah berlangsung sejak tahun 1980-an.

Delegasi terdiri dari lima anggota PWI dan beberapa perwakilan VJA. Kunjungan ini direncanakan akan berlangsung selama seminggu mulai tanggal 21 hingga 27 April 2024. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================