Minggu, Desember 4, 2022
No menu items!
BerandaHealth CarePenyebab Caudal Regression Syndrome, Simak Penjelasannya

Penyebab Caudal Regression Syndrome, Simak Penjelasannya

TIMETODAY.ID – Dalam pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar, sosok pelantun ayat suci Al-Qur’an, Ghanim Al Muftah menjadi sorotan dunia. Ghanim mengidap caudal regression syndrome, kondisi langka yang dia alami sejak lahir.

Caudal regression syndrome (CRS) adalah kelainan yang mengganggu perkembangan tubuh bagian bawah bayi ketika berada di dalam rahim.

Akibatnya, anak dengan gangguan CRS bisa mengalami cacat lahir pada bagian punggung bawah, kaki, saluran kemih, saluran pencernaan, maupun alat kelamin.

Perkembangan sumsung tulang belakang yang tidak teratur juga menyebabkan pengidap caudal regression syndrome mengalami gejala khas, berupa skoliosis alias kelengkungan tulang belakang yang tidak normal.

Baca Juga :  Ini Penyebab Bibir Terkena Sariawan

Kondisi ini tentu memengaruhi kualitas hidup penderitanya. Pengidap gangguan CRS bisa jadi kesulitan berjalan, serta buang air besar maupun kecil.

Berdasarkan Cleveland Clinic, diperkirakan sebanyak 1-2 anak dari 100.000 bayi yang lahir di seluruh dunia bisa mengidap caudal regression syndrome. Lalu, apa penyebab caudal regression syndrome?

4 Penyebab Caudal Regression Syndrome
Sosok pelantun ayat suci Al-Qur’an, Ghanim Al Muftah dalam pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar. Foto : Istimewa.

1. Mutasi Genetik

Perubahan gen yang terjadi selama pembuahan dapat menyebabkan caudal regression syndrome, terutama mutasi pada gen HLXB9 dan VANGL1.

Menurut National Organization for Rare Disorder, mutasi gen diyakini menghambat aliran darah ke area caudal (tubuh bagian bawah) janin yang sedang berkembang. Akibatnya, terjadilah caudal regression syndrome.

Baca Juga :  Efek Samping Makan Terong Yang Harus Anda Ketahui

Mutasi genetik pemicu gangguan CRS bisa diwariskan dari kedua orang tua maupun berasal dari hasil mutasi baru.

2. Kondisi Ibu saat Hamil

Diabetes yang dialami ibu hamil dapat berdampak buruk pada perkembangan janin yang dikandungnya.

Penyakit metabolik yang ditandai dengan lonjakan kadar gula darah ini bisa meningkatkan risiko berkembangnya caudal regression syndrome.

Risiko anak mengalami gangguan CRS makin meningkat apabila diabetes pada ibu hamil tidak dikelola dengan baik.

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU