Ini 6 Cara Menambah Nafsu Makan Anak Secara Alami

TIMETODAY.ID – Orang tua sering dibuat khawatir ketika anak tidak nafsu makan sering karena anak-anak perlu nutrisi yang lebih banyak untuk mendukung pertumbuhannya.

Ada beberapa cara menambah nafsu makan anak secara alami yang bisa dicoba. Cara menambah nafsu makan anak secara alami Berikut adalah beberapa cara menambah nafsu makan anak secara alami.

1Menjadwalkan waktu makan

Menjadwalkan waktu makan yang konsisten akan membiasakan anak untuk paham kapan waktunya makan. Jika anak melewatkan makan siang, maka mau tidak mau, jadwal makan selanjutnya adalah di waktu makan malam.

Membuat waktu makan yang konsisten ternyata juga akan merangsang otak untuk memberikan sinyal lapar ketika waktu makan tiba. Secara otomatis, cara menambah nafsu makan anak ini akan bekerja untuk membuat anak makan dengan teratur.

Baca Juga :  PAPDI Perbarui Rekomendasi Jadwal Imunisasi/Vaksin Dewasa

2Menciptakan suasana yang menyenangkan saat makan

Suasana membosankan ketika makan akan menurunkan nafsu untuk makan. Selain menghias makanan dengan berbagai bentuk, mengganti piring dengan warna yang lebih menarik atau menambahkan variasi makanan yang berbeda akan jadi penambah nafsu makan anak.

3Tidak memaksa anak untuk makan

Anak tidak nafsu makan sering dipaksa untuk makan sehingga menimbulkan trauma tersendiri. Anak akan cenderung memberikan perlawanan dan menganggap waktu makan sebagai waktu yang membuat frustasi serta cemas.

5Tidak membiasakan makan dengan gadget atau mainan

Beberapa orang tua sering menyodorkan mainan atau gadget untuk membuat anaknya tidak rewel dan mau makan dengan tenang.

Sayangnya, kondisi ini membuat anak tidak fokus untuk makan sehingga cenderung perlu waktu lama untuk menghabiskan makanannya. Kondisi ini juga membuat makanan terasa tidak enak dan anak cenderung merasa kenyang lebih cepat.

6Menghindari pemberian hukuman atau hadiah

Tidak jarang ditemui beberapa orang tua yang memberikan ancaman berupa hukuman atau memberikan iming-iming berupa hadiah ketika anak mau menghabiskan makannya. Menciptakan waktu makan yang menyenangkan harus menjadi fokus utama sebagai cara meningkatkan nafsu makan anak secara alami.

8Menyukai ini: