Terowongan Hankou
Terowongan Hankou diklaim sebagai jalan tol terpanjang di dunia. Terletak di Cinziang, Henan, China, jalan lingkar di dalam pegunungan tersebut membentang sepanjang 28 kilometer. Foto : Istimewa.

TIMETODAY.ID, CHINATerowongan Hankou diklaim sebagai jalan tol terpanjang di dunia. Terletak di Cinziang, Henan, China, jalan lingkar di dalam pegunungan tersebut membentang sepanjang 28 kilometer.

Melansir timeindonesia.co.id, Rabu (4/1/2023) Jalan Spiral bawah tanah tersebut menghubungkan jalan tol antara Xinxiang diprovinsi Henan dengan kota Jincheng di provinsi Shanxi terowongan ini bisa menghemat waktu tempuh antara poros jalan keduanya hingga 2 jam.

Bukan hanya itu saja, jalanan tersebut terdiri dari 9 terowongan melingkar dengan tiap nama yang berbeda. Terowongan Hankou sendiri memiliki panjang 4.457 meter. Dan jika digabungkan maka keseluruhan panjang jalan tol Hankou bawah tanah tersebut mencapai 28 kilometer.

Advertisement

Proses Pembangunan Terowongan Hankou

Proses pembangunan jalanan yang berada dibawah tanah ini diserahkan kepada Road and Bridge Group Co., Ltd di bawah pengawasan China State Construction Engineering Corporation (CSCEC) atau Perusahaan Pembangunan Konstruksi Negara China.

Sebelumnya, banyak sekali kontrakttor yang mendaftarkan diri untuk mengambil tender terowongan tol lingkar tersebut. Namun banyak dari mereka yang mengundurkan diri setela meninjau lokasi pembangunan jalan tol Hankou tersebut.

Baca Juga :  Detik detik Taiwan Diguncang Gempa Bumi M 7,5, Rabu 3 April 2024

Hal ini dikarenakan medan yang akan dibangun untuk jalan tol penuh dengan cadas dan bebatuan. Hal ini menciptakan kendala utama pembangunan hingga memakan waktu yang cukup lama.

Terowongan ini memiliki elevasi hingga 109 meter tingginya dengan jarak tiap lengkungan sepanjang 700 meter. Jalan akan mulai menanjak mulai pintu masuk hingga ke bagian tengah dan kemudian mulai melandai kembali mmenuju ke pintu keluar.

Saat pembangunan, elevasi yang terdapat di terowongan membuat kadar oksigen di daerah tersebut menipis. Sehingga para pekerja harus menggunakan peralatan keselamatan lebih daripada standar. Mereka juga harus bergelantungan saat mengerjakan bagian tertinggi dari jalan yang dibangun di bawah tanah itu.

Dilansir dari laman Twitter People’s Daily, China, pembangunan juga menggunakan alat berat canggih dengan sistem yang digerakkan dengan komputer. Hal ini sangat membantu perusahaan dalam pengerjaan bagian yang sulit meskipun tentu saja campur tangan manusia masih memiliki peran yang sangat besar dalam hal ini.

Baca Juga :  Gempa Jepang Berkekuatan 7,6 Tewaskan 48 Jiwa

Dinobatkan Menjadi Terowongan Lingkar Terpanjang di Dunia

Setelah selesai dikerjakan, panjang jalan tol lingkar bawah tanag ini mencapai hampir 28 kilometer. Panjangnya ukuran tersebut menobatkan jalan tol dalam tanah tersebut menjadi terowongan tol terpanjang No.1 di dunia.

Jalanan ini dibuat dalam waktu 2 tahun 5 bulan dan 5 hari atau 885 hari. Pembukaan resminya dilaksanakan pada 26 Desember 2022 kemarin, tepat sehari setelah Natal.

Meskipun belum di konfirmasi oleh Guinness World Record, panjang jalan ini mampu menyisihkan panjangnya terowongan spiral Jinjiazhuang yang juga berada di China. Para penduduk lokal juga sudah mulai bisa menggunakan jalan lingkar dalam tanah ini dari Xinxiang menuju kota Jincheng.

Banyak dari para warga yang menggunakan jalan tol lingkar bawah tanah tersebut untuk menghemat waktu. Sebelumnya, untuk menuju kota Jincheng dari Xinxiang China atau sebaliknya diperlukan waktu 4 jam berkendara. Kini dengan adanya Terowongan Hankou maka waktu tempuh menuju ke dua kota tersebut bisa dipercepat.

=========================================================