Minggu, Desember 4, 2022
No menu items!
BerandaHealth CareMitos Kerokan Efektif Atasi Badan Pegal Hingga Sembuhkan Masuk Angin

Mitos Kerokan Efektif Atasi Badan Pegal Hingga Sembuhkan Masuk Angin

TIMETODAY.ID  Kerokan dianggap efektif atasi badan pegal, umumnya kerokan menjadi alternatif ketika tubuh merasa tidak enak badan. Sebenarnya, mitos atau fakta dengan kerokan adakah dapat mengatasi badan pegal.

Melansir klikdokter.comdr. Arina Heidyana menyebut bahwa teknik kerokan untuk pegal sebenarnya sudah dipraktikkan sejak dulu.

Kerokan dianggap efektif

Terapi ini dikenal dengan nama gua sha. Bentuk pengobatan tradisional ini sangat populer hampir di seluruh kawasan Asia Tenggara.

Menurutnya, asal usul terapi gua sha adalah dari Tiongkok. Nama gua sha sendiri berarti “mengikis”.

Baca Juga :  Efek Samping Makan Terong Yang Harus Anda Ketahui

Maksudnya mengikis di sini adalah mengikis kulit atau mengerok kulit dengan menggunakan koin atau benda tumpul lain. Inilah yang kemudian disebut orang Indonesia sebagai metode kerokan.

Kerokan dianggap efektif

Metode ini memberikan sensasi relaks pada tubuh serta membantu mengendurkan otot-otot yang terasa tegang. Setelah melakukan kerokan, area yang dikerok akan tampak memar dan berwarna kemerahan.

Gua sha paling sering digunakan untuk meredakan nyeri otot dan sendi, misalnya pada nyeri punggung, ketegangan otot, dan penyakit saraf terjepit.

Baca Juga :  Aneka Jenis Rempah yang Baik untuk Kesehatan Otak

Bahkan, ada juga yang menggunakan teknik ini untuk mengatasi demam, batuk, pilek, sampai gangguan paru-paru.

Sudah banyak penelitian yang menjelaskan manfaat gua sha atau kerokan untuk pegal ini. Salah satunya dilakukan pada tahun 2014.

Menurut penelitian tersebut, gua sha dapat meningkatkan jangkauan gerakan dan mengurangi rasa nyeri pada orang yang sering menggunakan komputer.

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -

BERITA POPULER

BERITA TERBARU