Aneka Jenis Rempah yang Baik untuk Kesehatan Otak

0
7
REMPAH

TIMETODAY.ID – Berapapun usia Anda, setiap orang pastinya ingin memiliki ingatan dan fungsi otak yang baik. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan otak adalah melalui konsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

Nah, ternyata rempah-rempah dapat membantu meningkatkan kekuatan otak Anda. Mereka tak hanya bermanfaat sebagai penyedap makanan, tetapi juga mampu menambah daya ingat dan fokus, serta menawarkan perlindungan pada sel-sel otak Anda.

Lalu, apa saja jenis-jenis rempah untuk otak? Berikut di antaranya:

  1. Kunyit

Kunyit merupakan rempah untuk otak yang sangat bermanfaat. Ini berkat kandungan kurkumin yang ada di dalamnya. Kurkumin dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan atau inflamasi, sehingga bisa mencegah diabetes, artritis, dan penyakit Alzheimer. Selain kurkumin, sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa aromatic-turmerone, senyawa lain dalam bumbu ini, dapat membantu sel-sel otak untuk memperbaiki diri.

  1. Kayu Manis

Kayu manis dilabeli sebagai makanan super karena kandungan antioksidannya di atas buah blueberry dan delima. Rempah ini juga memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi peradangan serta melawan bakteri. Satu penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat meningkatkan fungsi kognitif, bahkan hanya melalui penciuman saja. Kayu manis juga dianggap mampu meningkatkan kognisi pada orang tua dan orang dengan gejala demensia.

  1. Saffron
Baca Juga :  Waspada Gejalanya Penyakit Empty Sella Syndrome

Saffron adalah rempah yang baik untuk mereka yang menderita depresi. Dalam banyak penelitian, saffron yang ditawarkan sebagai sebuah suplemen terbukti sangat mengurangi gejala depresi. Saffron memiliki rasa yang kuat, jadi jika Anda menambahkannya ke makanan, gunakanlah sedikit saja. Dalam bentuk suplemen, mungkin adalah cara terbaik untuk menggunakan rempah ini, meskipun harganya mahal.

  1. Lada Hitam

Jenis rempah untuk otak berikutnya adalah lada hitam. Penelitian telah menunjukkan bahwa piperin, komponen utama lada hitam, dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan menurunkan gejala depresi. Lada hitam juga bagus untuk dipadukan dengan makanan dan rempah-rempah lain, karena dapat meningkatkan keanekaragaman nutrisi dalam makanan.

  1. Ginkgo Biloba
Baca Juga :  Mengenal Teknik Mewing yang Diklaim Bisa Perbaiki Bentuk Wajah

Ginkgo biloba terkenal dalam pengobatan tradisional Cina sebagai obat untuk menangani gejala dimensia, serta tentunya mampu meningkatkan kesehatan otak. Rempah ini dipercaya dapat meningkatkan sebagian fungsi kognitif dengan merangsang dan meningkatkan sirkulasi aliran darah ke otak.

  1. Sage

Daun sage merupakan tanaman herbal yang sudah terkenal dapat meningkatkan fungsi kognitif otak.  Ada dua spesies dari tanaman sage yang terkenal, yaitu Salvia officinalis dan Salvia lavandulaefolia, yang terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan menjaga otak dari gangguan neurologis.

  1. Peterseli

Peterseli juga merupakan rempah untuk otak yang punya banyak khasiat. Dalam sebuah studi dari Brasil menyebutkan bahwa zat flavonoid dalam peterseli yang dinamakan apigenin, mampu meningkatkan hubungan antara neuron dan sel stem pada otak.  Periset beranggapan bahwa apigenin yang terdapat pada peterseli dapat berdampak pada pembentukan sel otak dari pasien Alzheimer dan Parkinson. Gunakanlah rempah-rempah tersebut dalam makanan Anda, untuk memperoleh manfaatnya bagi kesehatan otak. (Net)

Tinggalkan Balasan