Diresmikan Bima Arya, Museum Pajajaran Jadi Ikon Baru Kota Bogor

Bima Arya
Wali Kota Bogor, Bima Arya, didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Iceu Pujiati meresmikan Museum Pajajaran di Jalan Batutulis, Kota Bogor, Jawa Barat. Foto : Istimewa.

TIMETODAY.ID – Wali Kota Bogor, Bima Arya, didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Iceu Pujiati meresmikan Museum Pajajaran di Jalan Batutulis, Kota Bogor, Jawa Barat.

Dibangunnya Museum Pajajaran bertujuan untuk menghormati sejarah dan menempatkan nilai-nilai masa lalu sebagai dasar untuk menghadapi masa depan.

Ikuti terus berita terhangat dari timetoday.id via whatsapp

Advertisement

TIMETODAY WA CHANNEL

Museum ini diharapkan menjadi tempat pembelajaran bagi seluruh warga dan generasi muda Bogor, memanfaatkan kekayaan sejarah untuk memandu langkah ke depan.

Lebih lanjut, Bima Arya menegaskan komitmen Pemkot Bogor untuk terus mengembangkan Museum Pajajaran.

Anggaran akan dialokasikan sesuai kebutuhan agar museum ini menjadi sumber inspirasi yang semakin berkembang.

Baca Juga :  Daftar 3 Wisata Ekstreem di Bogor, Berani Coba?

Rencananya, pembangunan akan terus dilakukan dengan peningkatan taman, kenyamanan furnitur, dan manfaat yang merata bagi berbagai kelompok masyarakat.

“Dinu Kiwari Ngancik Nu Bihari, Seja Ayeuna Sampeureun Jaga, yang kita nikmati hari ini warisan dari ikhtiar masa lalu dan yang kita lakukan hari ini untuk kejayaan dan kebanggaan di masa depan,” tegas Bima Arya.

Sementara itu, Kepala Disparbud Kota Bogor, Iceu Pujiati, menjelaskan bahwa pembangunan Museum Pajajaran dilaksanakan dalam tahun anggaran 2023 dengan dana yang berasal dari APBD Kota Bogor. Pembangunan museum ini selesai tepat waktu setelah 150 hari pengerjaan, yaitu pada 21 Desember 2023.

Baca Juga :  Mencicipi Laksa Gang Aut Mang Wahyu, Kuliner Bogor yang Bisa Jadi Rekomendasi

“Operasional Museum Pajajaran ini mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015 Tentang Museum,” tambahnya.

Ke depannya, Museum Pajajaran akan dilengkapi sesuai persyaratan pembangunan museum, mencakup visi misi, nama, lokasi, anggaran, koleksi, pengelolaan SDM, dan pendanaan.

Pembangunan ini bertujuan sebagai upaya pelestarian budaya, pendidikan, serta menjadi destinasi wisata budaya dan sejarah. Harapannya, museum ini dapat memberikan manfaat bagi semua dan menjadi ikon baru bagi Kota Bogor. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================