Rekomendasi 8 Taman di Bogor yang Sejuk, Selain Kebun Raya Bogor

taman di Bogor
Alun-Alun Kota Bogor.

TIMETODAY.ID – Selain Kebun Raya Bogor, terdapat beberapa taman yang sering menjadi tempat favorit warga lokal untuk bersantai. Beberapa taman di Bogor tersebut menambah keindahan alam kota yang masih tersedia di berbagai sudutnya.

Tentu saja, ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk berjalan-jalan atau wisata yang tidak membebani dompet. Berikut beberapa taman di Bogor yang dapat dikunjungi untuk bersantai atau melepas penat!

  1. Taman Kencana Bogor

Terletak di pusat kota yang strategis, Taman Kencana sangat terkenal di Bogor. Taman ini berjarak hanya beberapa langkah dari Lapangan Sempur, dekat dengan Istana Bogor dan KRB, serta berdekatan dengan kampus IPB Taman Kencana.

Advertisement

Selain itu, taman ini juga berdekatan dengan berbagai tempat makan populer di Bogor dan berbagai restoran serta hotel ternama. Pada akhir pekan, taman ini dipenuhi oleh warga Bogor yang berolahraga, berjalan-jalan santai, atau berkumpul bersama teman dan keluarga.

Di taman ini, pengunjung dapat duduk santai di bangku-bangku taman yang tersedia sambil menikmati berbagai tanaman dan air mancur. Taman ini dilengkapi dengan lampu penerangan, tanda untuk spot foto, dan beberapa permainan anak-anak.

Alamat: Jalan Taman Kencana No.3, Babakan, Bogor Tengah

Akses transportasi umum ke Taman Kencana Bogor:

  • Dari Stasiun Bogor, naik angkot 03 trayek Bubulak – Baranangsiang
  • Dari Tugu Kujang, naik angkot 08 trayek Warung Jambu – Baranangsiang
  1. Taman Peranginan Bogor

Meskipun luasnya hanya 1.699,44 m2, lokasi unik Taman Peranginan membuatnya menjadi tempat singgah yang menyenangkan. Terletak di sepanjang Jalan Sudirman, Bogor, taman ini dikenal dengan pepohonan hijau dan rindang di sepanjang jalannya.

Karena itu, Taman Peranginan juga menawarkan keteduhan dengan pepohonan yang besar di sekitarnya. Selain itu, taman ini berada di sisi tebing menghadap ke lembah Sungai Ciliwung dan daerah Sempur. Dari sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan indah kota Bogor.

Sesuai dengan namanya, suasana di taman ini selalu sejuk dan menyegarkan! Lokasinya juga strategis, dekat dengan pintu masuk Istana Bogor, Markas Kodim 0606 Kota Bogor, dan beberapa tempat makan populer (Bogor Permai, Air Mancur). Taman ini telah dirapikan dengan jalur setapak dari paving block, bangku taman, dan permainan anak-anak.

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman No.31, Bogor Tengah

Akses transportasi umum ke Taman Peranginan:

  • Dari Stasiun Bogor, naik angkot 07 (Jambu Dua – Merdeka), 12 (Cimanggu – Merdeka), atau Biskita Koridor 5
  • Dari Tugu Kujang, naik angkot 07A (BTM – Jambu Dua)
  1. Taman Heulang Bogor
Baca Juga :  Rekomendasi Restoran di Bogor, Mampu Menyulap Suasana Sedih Jadi Romantis

Taman Heulang adalah salah satu taman di Bogor yang baru-baru ini direnovasi untuk memenuhi kebutuhan ruang terbuka hijau bagi warga sekitar. Awalnya adalah lapangan terbuka dengan pepohonan di sekelilingnya.

Taman seluas 28.000 m2 ini terletak di tengah pemukiman penduduk dan berbatasan dengan empat jalan yang berbeda. Sisi utara berbatasan dengan Jalan Heulang, sisi timur dengan Jalan Kasintu, sisi selatan dengan Jalan Beo, dan sisi barat dengan Jalan Bincarung.

Selain itu, taman ini dekat dengan beberapa sekolah seperti SMK Negeri 1, SMAN 6, SMPN 12, dan SMPN 5. Taman ini telah diatur dengan rapi dengan jalan setapak dari paving block, bangku-bangku taman, gazebo untuk istirahat, air mancur, dan bahkan toilet. Fasilitas lainnya termasuk jaringan Wi-Fi dan kamera CCTV.

Alamat: Jalan Heulang, RT 06/RW 04, Tanah Sereal, Bogor Barat

Akses transportasi umum ke Taman Heulang Bogor:

  • Dari Stasiun Bogor, naik angkot 07 (Jambu Dua – Merdeka) atau Biskita Koridor 5 (berhenti di Halte SMPN 5)
  • Dari Tugu Kujang, naik angkot 07A (Jambu Dua – BTM)
  1. Taman Corat-Coret Bogor

Taman ini terletak di pertemuan Jl. KH Ahmad Sobana dan Jl. KH Adnawijaya, di antara pusat kuliner di Jalan Pandu Raya yang terkenal dan dekat dengan Kantor Catatan Sipil Kota Bogor. Taman ini dibangun untuk memberi ruang bagi pemuda Bogor untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui seni grafiti dan lukisan mural.

Karenanya, taman ini dipenuhi dengan berbagai lukisan dinding yang menarik dengan berbagai warna. Taman Corat-Coret dilengkapi dengan 14 dinding mural berukuran 400 m x 400 m di belakangnya dan enam dinding mural berukuran 300 m x 400 m di depannya.

Tersedia juga bangku melingkar dan panjang di taman ini untuk bersantai atau menikmati karya seni yang menarik. Taman ini juga menarik pada malam hari karena pencahayaan yang indah. Namun, penting untuk diingat bahwa menggambar di taman ini tanpa izin tidak diperbolehkan!

Alamat: Jalan KH. Achmad Adnawijaya RT 01/RW 15, Tegal Gundil, Bogor Utara

Akses transportasi umum ke Taman Corat-Coret Bogor:

  • Dari Stasiun Bogor, tidak ada angkutan langsung, tetapi Anda dapat mengubah angkot dari 03 (Terminal Bubulak – Baranangsiang) ke 08 (Warung Jambu – BTM) di Taman Kencana
  • Dari Tugu Kujang, naik angkot 08 (Warung Jambu – BTM)
  1. Taman Ekspresi Bogor

Salah satu taman yang sering ramai pengunjung di Bogor ini terletak di persimpangan Jalan Salak dan Jalan Jalak Harupat. Berada di seberang Kebun Raya Bogor, Istana Bogor, dan dekat dengan Taman Kencana.

Baca Juga :  Eksplore Taman Nasional Kelimutu, Danau Tiga Warna di NTT

Taman ini berada di samping Lapangan Sempur, dan untuk masuk ke taman, pengunjung dapat mengaksesnya dari pintu masuk Lapangan Sempur. Lokasinya yang unik, seluas 3611,3 m2 dengan kontur cekung seperti tebing dan dikelilingi oleh pepohonan tinggi yang rindang.

Awalnya, taman ini adalah taman bermain anak-anak, tetapi kemudian Pemerintah Kota Bogor merenovasinya menjadi seperti amphitheater. Fasilitasnya termasuk plaza di lerengnya untuk kegiatan pengunjung.

Selain bangku-bangku panjang yang tersedia dalam jumlah banyak, Taman Ekspresi dilengkapi dengan fasilitas toilet umum, mushola, lampu penerangan, dan tempat sampah. Bahkan, tersedia soket listrik jika ada acara di taman ini.

Alamat: Jalan Salak, RT 01/ RW 01, Sempur, Bogor Tengah

Akses transportasi umum ke Taman Ekspresi Bogor:

  • Dari Stasiun Bogor, naik angkot 03 (Bubulak – Baranangsiang), 02 (Bubulak – Sukasari)
  • Dari Tugu Kujang, naik angkot 06 (Ciheuleut – BTM), 05 (Cimahpar – BTM), 08 (Warung Jambu – BTM), 13 (Bantar Kemang – BTM), atau Biskita Koridor 1 (berhenti di Halte Taman Ekspresi)
  1. Alun-Alun Kota Bogor

Meskipun tidak disebut sebagai taman, Alun-Alun Kota Bogor didesain sebagai ruang terbuka hijau seperti taman. Alun-Alun Kota Bogor baru saja diresmikan pada akhir tahun 2021. Terletak tepat di sebelah Stasiun Bogor.

Konsep Alun-Alun Kota Bogor adalah ruang terbuka seperti yang ditemui di Eropa, dilengkapi dengan fasilitas rumput yang hijau, bangku-bangku taman untuk bersantai, toilet, area olahraga, dan tempat bermain. Awalnya, area ini adalah bagian dari kawasan komersial Plaza Kapten Muslihat (Taman Topi) dan Taman Ade Irma Suryani.

Area tersebut sebelumnya berantakan karena terhubung dengan Pasar Kebon Kembang dan terpisah dari Stasiun Bogor. Pembukaan Alun-Alun Kota Bogor mengembalikan pintu Stasiun Bogor ke taman, mirip dengan awalnya beberapa ratus tahun lalu, yaitu langsung terhubung dengan sebuah taman (dulu dikenal sebagai Taman Wilhelmina).

Alamat: Jalan Kapten Muslihat, No. 17A, RT 04/RW 06, Pabaton, Bogor Tengah

Akses transportasi umum ke Alun-Alun Kota Bogor:

  • Dari Tugu Kujang, naik angkot 02 (Sukasari – Bubulak), 03 (Baranangsiang – Bubulak), atau Biskita Koridor 2 (berhenti di Halte Kapten Muslihat). ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================