Studi : 63 Persen Gen Z Kecanduan TikTok, Sementara YouTube 16 Persen

gen z
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Gen Z atau Generasi Z (kelahiran 1997-2012) rupanya tengah mengalami ketergantungan yang signifikan pada media sosial, demikian hasil penelitian terbaru dari Pew Research Center.

Hasil survei menunjukkan bahwa remaja di Amerika Serikat (AS) kesulitan untuk melepaskan diri dari daya tarik YouTube dan TikTok. Bahkan, satu dari lima remaja dilaporkan ‘hampir selalu’ menggunakan kedua platform media sosial tersebut.

Laporan ini mengungkapkan bahwa YouTube menjadi platform paling dominan, diakses oleh 93 persen remaja AS. Dari angka tersebut, 16 persen mengakses YouTube hampir setiap waktu.

Advertisement
Baca Juga :  Jadwal Imsakiyah Bogor, Jumat 29 Maret 2024

Selanjutnya, TikTok muncul sebagai aplikasi media sosial kedua yang paling populer di kalangan remaja AS, dengan 63 persen dari mereka mengakui menggunakan platform asal China tersebut. Sebanyak 17 persen menyatakan bahwa mereka secara intensif terlibat dengan TikTok. Sementara itu, Snapchat dan Instagram digunakan oleh 60 persen dan 59 persen dari remaja AS, masing-masing.

Facebook dan X (sebelumnya Twitter) tidak lagi begitu diminati di antara anak muda AS. Sebuah perubahan signifikan terjadi dalam penggunaan Facebook, dengan pangsa pasar yang turun dari 71 persen pada 2014-2015 menjadi 33 persen saat ini.

Baca Juga :  Sempat Dikira Pencuri, Momen Kepulangan Anggota TNI Ini Bikin Haru

Sementara Instagram tetap stabil, bahkan cenderung mengalami peningkatan sedikit. Pangsa pasar Instagram naik dari 52 persen pada 2014-2015, mencapai puncak 62 persen tahun lalu, dan saat ini sedikit menurun menjadi 59 persen.

Penelitian Pew melibatkan sampel 1.500 remaja berusia 13-17 tahun di AS, dilakukan dalam periode 26 September hingga 23 Oktober 2023. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================