5 Destinasi Wisata Imlek Versi Sandiaga Uno untuk Libur Akhir Pekan

Imlek
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Mendekati Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili yang jatuh pada 10 Februari 2024, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, memberikan rekomendasi tempat wisata Imlek bagi para pelancong di Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Ketenagakerjaan, dan Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan Nomor 855 Tahun 2023, Nomor 3 Tahun 2023, dan Nomor 4 Tahun 2023, masyarakat akan mendapat waktu libur panjang untuk merayakan Imlek.

Jumat, 9 Februari 2024, ditetapkan sebagai cuti bersama Tahun Baru Imlek 2475 Kongzili, dan Tahun Baru Imlek jatuh pada Sabtu, 10 Februari 2024.

Advertisement

Dengan demikian, masyarakat dapat menikmati liburan selama tiga hari, mulai dari Jumat, 9 Februari 2024, hingga Minggu, 11 Februari 2024.

Sandiaga berharap bahwa momen liburan panjang ini dapat mendukung pencapaian target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 14,3 juta dan pergerakan wisatawan nusantara sekitar 1,25 hingga 1,5 miliar.

Baca Juga :  Kerupuk Pasir, Camilan Khas Kediri yang Bisa Dijadikan Buah Tangan saat Lebaran

“Kami telah menyiapkan peta perjalanan untuk liburan Imlek, mencakup destinasi di Jakarta, Surakarta, Semarang, Palembang, dan Singkawang,” ujar Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (29/1/2024).

“Kita terus mendorong festival Cap Go Meh dan perayaan Tahun Baru Imlek untuk mempromosikan kearifan lokal dan budaya masyarakat Tionghoa setempat, termasuk turisme bersejarah,” tambahnya.

Berikut adalah rekomendasi destinasi wisata Imlek dari Kemenparekraf:

  1. Petak Sembilan, Jakarta : Glodok Petak Sembilan, Jakarta Barat, adalah destinasi pertama yang direkomendasikan oleh Sandiaga Uno. Glodok dikenal sebagai Desa Wisata Pecinan Glodok dengan berbagai paket wisata yang telah disiapkan.
  2. Semarang, Jawa Tengah : Semarang akan mengadakan arak-arakan patung dan festival dalam menyambut Imlek, terutama di Kawasan Kauman, Semarang Tengah.
  3. Surakarta (Solo), Jawa Tengah : Solo menawarkan atraksi wisata menarik seperti Grebeg Sudiro, yang merupakan bentuk akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa.
  4. Palembang, Sumatra Selatan : Destinasi wisata Imlek keempat adalah Palembang, dengan Pulau Kemaro sebagai daya tarik utama, menampilkan atraksi kesenian Barongsai dan lainnya.
  5. Singkawang, Kalimantan Barat : Singkawang, dikenal sebagai Kota Seribu Kelenteng, menghadirkan festival Cap Go Meh dengan dekorasi ribuan lampion di sepanjang jalan Kota Singkawang.
Baca Juga :  Sidekah Bumi Lembur Sawah dan Festival Jajanan Lembur Hipnotis Turis Mancanegara

Perlu diingat bahwa beberapa detail seperti tanggal acara dan informasi spesifik mungkin berubah, oleh karena itu disarankan untuk memeriksa sumber resmi atau otoritas setempat sebelum merencanakan perjalanan. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================