Guncangan Gempa Porakporandakan Bangunan usai Jepang Diguncang Gempa 7,6

gempa
sebuah rumah yang runtuh akibat gempa di Wajima, prefektur Ishikawa, Jepang, pada 1 Januari 2024. Foto : Istimewa.

TIMETODAY.ID – Guncangan gempa dengan magnitudo 7,6 menggetarkan wilayah Semenanjung Noto di Prefektur Ishikawa, Jepang pada hari pertama tahun 2024.

Pihak berwenang Jepang telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk seluruh pantai barat negara tersebut.

Badan Meteorologi Jepang mencatat potensi gelombang setinggi 5 meter, yang merupakan tingkat peringatan tertinggi.

Advertisement

Ikuti terus berita terhangat dari timetoday.id via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

Dampaknya mendorong evakuasi di prefektur Ishikawa, Niigata, Toyama, dan Yamagata, khususnya di daerah pesisir.

Japan Times melaporkan bahwa gelombang setinggi lebih dari 1,2 meter mencapai Pelabuhan Wajima Semenanjung Noto di Ishikawa sekitar pukul 16:21 waktu setempat.

Badan Meteorologi menyatakan bahwa orang yang terkena tsunami lebih dari 1 meter memiliki potensi tinggi untuk tidak dapat berdiri dan berisiko kematian.

Baca Juga :  Detik detik Taiwan Diguncang Gempa Bumi M 7,5, Rabu 3 April 2024

Sejak munculnya gelombang awal, ketinggian tsunami di Pelabuhan Wajima terus meningkat, meskipun pengukuran yang tepat belum ditetapkan.

Peringatan tsunami untuk Semenanjung Noto dianggap sebagai peringatan tingkat paling serius, setara dengan peringatan setelah gempa Maret 2011 di wilayah Tohoku.

Perdana Menteri Fumio Kishida mendorong warga di daerah yang mungkin terkena dampak untuk tetap waspada terhadap gempa bumi yang kuat. Dia juga meminta evakuasi segera di daerah yang diprediksi akan terdampak tsunami.

Setelah gempa utama, Semenanjung Noto mengalami beberapa gempa susulan. Tujuh gempa bumi dengan kekuatan 5,0 atau lebih terjadi di wilayah Noto di Prefektur Ishikawa atau lepas pantai Semenanjung Noto pada pukul 5:40 sore, sementara sembilan terjadi di seluruh Jepang.

Gelombang setinggi 80 cm mencapai Prefektur Toyama sekitar pukul 16.35, dan gelombang setinggi 0,4 meter juga mencapai Kashiwazaki, Prefektur Niigata, pada pukul 16.36.

Baca Juga :  4 Orang Tewas, Puluhan Jiwa Luka-Luka Akibat Gempa Taiwan

Sejumlah pelabuhan di berbagai prefektur melaporkan gelombang, termasuk Kanazawa di Ishikawa, Yamagata, dan Pulau Sado di Niigata.

Tsunami diantisipasi akan mencapai beberapa prefektur di sepanjang Laut Jepang dan Kepulauan Oki, bagian dari Prefektur Shimane. Meskipun gempa dirasakan di Tokyo dan wilayah Kanto, hingga saat ini tidak ada laporan kelainan dari pembangkit listrik tenaga nuklir di seluruh Jepang.

Pembangkit listrik Fukushima No. 1 dan 2 dilaporkan tidak terpengaruh, dan pihak berwenang terus memeriksa dampak gempa di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Kashiwazaki-Kariwa di Prefektur Niigata. *** 

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================