6 Fakta Gempa Bumi Jepang Hari Ini, 1 Januari 2024

Jepang
Jalan bebas hambatan Noto Satoyama Kaido lumpuh usai diguncang gempa 7,6 SR. Foto : x.com/twitter @jalur5_

TIMETODAY.IDJepang dilanda gempa bumi pada awal Tahun Baru 2024. Gempa yang terjadi pada 1 Januari 2024 dilaporkan memiliki kekuatan M 7.5 dan menghasilkan peringatan tsunami.

Setelah gempa utama tersebut, beberapa gempa susulan mengikuti. Berikut adalah informasi terbaru mengenai gempa bumi di Jepang pada 1 Januari 2024 :

Ikuti terus berita terhangat dari timetoday.id via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

Advertisement
  1. Kekuatan Gempa Utama

Gempa terjadi pada hari Senin, 1 Januari 2024, dengan pusat gempa berada pada kedalaman 10 kilometer dan waktu kejadian pukul 16.10 waktu setempat.

Lokasinya terletak sekitar 42 kilometer timur laut Anamizu di prefektur Ishikawa. Awalnya dilaporkan sebagai gempa berkekuatan M 7.6, namun data dari USGS mengoreksi kekuatan menjadi M 7.5.

  1. Gempa Susulan

Gempa utama diikuti oleh dua gempa susulan yang signifikan. Gempa pertama dengan kekuatan M 6.2 terjadi pada kedalaman 10 kilometer sekitar 4 kilometer barat daya Anamizu pada pukul 16.18 waktu setempat.

Baca Juga :  Gempa Jepang, Perwakilan RI di Tokyo dan Osaka Siaga Berikan Bantuan Kepada WNI

Gempa susulan kedua dengan kekuatan M 5.2 terjadi 58 kilometer timur laut Anamizu.

  1. Peringatan Tsunami

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami di wilayah pesisir barat prefektur Ishikawa, Niigata, Toyama, dan Yamagata. Tsunami setinggi hingga 5 meter diperkirakan mencapai Noto di Prefektur Ishikawa.

Pulau Sakhalin di Rusia dan Kota Vladivostok juga ditempatkan dalam status ‘waspada’ tsunami.

  1. Dampak Tsunami di Ishikawa

Gelombang tsunami setinggi 1.2 meter melanda pelabuhan Wajima di Prefektur Ishikawa pada pukul 16.21 waktu setempat. Prefektur Ishikawa masuk dalam kategori ‘Major Tsunami Warning’.

NHK melaporkan evakuasi warga pesisir Noto di prefektur Ishikawa, dengan peringatan gelombang setinggi 5 meter.

  1. Gangguan Transportasi
Baca Juga :  Gempa Jepang Berkekuatan 7,6 Tewaskan 48 Jiwa

Jalan utama di sekitar pusat gempa ditutup, dan layanan kereta Shinkansen dihentikan. Beberapa jalan raya utama di prefektur Ishikawa ditutup, sedangkan Japan Railways menangguhkan layanan Shinkansen antara Tokyo dan wilayah Noto di prefektur Ishikawa.

  1. Kerusakan Infrastruktur

Beberapa rumah dan tiang listrik mengalami keruntuhan akibat gempa M 7.5 di Jepang. Pejabat Kota Suzu di Prefektur Ishikawa melaporkan rak-rak di kantor kota runtuh, meskipun bangunan itu sendiri tidak rusak parah. Polisi di Kota Himi di Prefektur Toyama mencatat retakan di jalan, sementara kotamadya Oyabe melaporkan pipa air yang patah. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================