4 Jenis Buah Rekomendasi Nabi Muhammad untuk Ramadan, Sunah Bila Dikonsumsi

buah rekomendasi Nabi Muhammad
Buah Ara.

TIMETODAY.ID – Berikut ini adalah empat jenis buah rekomendasi Nabi Muhammad saat Ramadan, sunah apabila dikonsumsi.

Apa saja makanan tersebut? Ternyata, tidak hanya kurma.

  1. Buah Ara

Anda mungkin pernah mendengar atau mencoba buah ara, juga dikenal sebagai fig? Buah ini tidak begitu populer di Indonesia, namun hal itu tidak mengurangi rasa enaknya atau manfaat kesehatannya.

Advertisement

Buah ara terkenal karena rasanya yang manis. Di beberapa negara, buah ara sering dijadikan camilan dan dikonsumsi saat berbuka puasa.

Selain rasanya yang manis, buah ara mengandung vitamin B6 yang tinggi, yang membantu dalam pemecahan protein dan pembentukan protein baru.

Yang lebih penting lagi, buah ara kaya serat yang membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan selama bulan Ramadan.

  1. Delima
Baca Juga :  Doa Malam Nisfu Sya’ban, Lengkap dengan Bahasa Arab dan Artinya

Mungkin Anda belum mencicipi buah ara, tetapi pasti sudah akrab dengan buah delima, yang banyak ditemukan di Indonesia. Rasanya manis dengan sedikit rasa asam, buah delima sering dikonsumsi dalam bentuk jus.

Meskipun ukuran bijinya kecil, manfaatnya sangat besar bagi tubuh. Buah delima kaya akan antioksidan, bahkan tiga kali lebih banyak dari teh hijau.

Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Buah delima juga mengandung polifenol yang baik untuk kesehatan jantung.

  1. Buah zaitun

Meskipun minyak zaitun cukup terkenal di Indonesia, buah zaitun jarang dikonsumsi. Zaitun disebut dalam Al-Qur’an dan disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai pohon yang diberkahi.

Baca Juga :  Sejarah Singkat Hari Penyiaran Nasional yang Diperingati 1 April 2024

Buah zaitun mengandung lemak nabati, vitamin E, dan antioksidan. Selain bermanfaat untuk kulit, konsumsi buah zaitun juga dapat mengurangi risiko peradangan dan penyakit jantung.

  1. Semangka

Siapa yang suka buah semangka? Rasulullah SAW juga menyukai buah ini dan biasanya menyantapnya bersama dengan kurma.

Dalam hadis, disebutkan bahwa kurma dapat menetralkan air yang terdapat dalam semangka. Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi, sekitar 91 persen. Selain rasanya yang manis, air dalam buah semangka dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setelah berpuasa sepanjang hari. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================