Trenggalek Dilanda Cuaca Ekstrem, 11 Desa Terdampak

cuaca ekstrem
Cuaca ekstrem dan curah hujan tinggi yang berlangsung sehari penuh menimpa 11 desa di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Minggu 10 Maret 2024. (Beritasatu.com/M Muajijin)

TIMETODAY.ID –  11 desa di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, dilanda cuaca ekstrem dan hujan deras sepanjang hari, mengakibatkan kerusakan. Lima rumah dan tiga mobil wisatawan tertimpa pohon tumbang akibat cuaca buruk tersebut

Salah satu insiden terjadi di Dawuhan, Kecamatan Trenggalek, di mana sebuah rumah mengalami kerusakan parah akibat tertimpa pohon yang tumbang.

Warga bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek serta instansi terkait lainnya bergotong-royong membersihkan material yang tertimbun oleh pohon tumbang dan merusak rumah warga.

Advertisement
Baca Juga :  Sore Ini PWI Kota Bogor Bakal Buka Puasa Bersama Ratusan Anak Yatim dan Balon Wali Kota

Menurut asesmen BPBD Trenggalek, hujan deras yang berlangsung selama lebih dari 12 jam telah menyebabkan pohon tumbang di 11 desa di enam kecamatan.

Selain itu, terjadi pula longsor yang merusak rumah di Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek.

Kepala BPBD Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono, menyampaikan bahwa data yang diterima menunjukkan dampak cuaca ekstrem, termasuk kerusakan akibat pohon tumbang.

“Kerusakan rumah warga dan mobil wisatawan di Pantai Popoh, serta gangguan pada jaringan listrik PLN,” kata Stefanus dikutip dari beritasatu.com, Minggu (10/3/2024).

Baca Juga :  Viral, Oknum Pendaki Nyalakan Flare di Puncak Alap-alap Gunung Andong

Meskipun demikian, BPBD Trenggalek menegaskan bahwa tidak ada korban jiwa atau luka akibat rangkaian bencana alam tersebut.

Saat ini, upaya penanganan darurat sedang dilakukan oleh warga, pemerintah, dan relawan di lokasi yang terdampak. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================