Dear Penderita Diabetes, Hindari 4 jenis Takjil Ini saat Berbuka Puasa

diabetes
Es Buah.

TIMETODAY.ID – Menjalankan puasa pada bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi umat Islam. Bagi seseorang yang menderita diabetes, perlu mempertimbangkan dengan lebih hati-hati pilihan makanan dan minuman.

Bagi penderita diabetes, memilih takjil juga menjadi aspek yang penting untuk diperhatikan. Mereka harus memastikan agar kadar gula darah tetap stabil demi menghindari komplikasi yang mungkin timbul.

Dirangkum dari beberapa sumber, Minggu (10/3/2024), terdapat beberapa jenis takjil yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes saat berbuka puasa. Berikut daftarnya.

Advertisement
  1. Makanan Gorengan
Baca Juga :  6 Manfaat Rosemary untuk Kesehatan

Masyarakat Indonesia cenderung menyukai makanan gorengan, dan seringkali memilihnya sebagai takjil saat berbuka puasa. Namun, bagi penderita diabetes, sebaiknya menghindari makanan yang digoreng karena tingginya kandungan kalori dan lemak trans.

  1. Es Buah

Es buah sering dijadikan pilihan sebagai hidangan penyegar selama bulan puasa. Namun, untuk penderita diabetes, disarankan untuk menghindarinya agar kadar gula darah tetap terkendali.

  1. Makanan Ringan Kemasan

Makanan ringan yang dikemas dalam kemasan juga sebaiknya dihindari. Hal ini dikarenakan makanan tersebut cenderung memiliki kandungan kalori yang tinggi serta bahan tambahan seperti gula, tepung terigu, dan pengawet dalam jumlah yang cukup besar, yang dapat mengganggu keseimbangan insulin dalam tubuh dan meningkatkan gula darah.

  1. Makanan Tinggi Natrium
Baca Juga :  PKJN RSJMM Bogor Gandeng Mahasiswa KKNT IPB University Periksa 19 Balita Stunting

Penderita diabetes juga disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tinggi natrium, yang bervariasi mulai dari makanan kalengan, makanan olahan, hingga makanan kemasan. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================