Ibu dan 2 Putrinya Tewas Usai Konsumsi Ikan Buntal

ikan Buntal
Ikan Buntal. Foto : Ilustrasi.

TIMETODAY.ID –  Lenny Latuperissa (28) bersama kedua putrinya Keisya Berhitu (5) dan Chrismen Berhitu (2), yang merupakan warga Negeri Haria, Kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, dilaporkan meninggal dunia setelah mengonsumsi ikan Buntal atau Fugu.

Menurut Kapolsek Saparua, Polresta Pulau Ambon dan PP Lease, AKP Yopy Walalayo, ketiga korban meninggal karena keracunan setelah mengonsumsi ikan buntal.

Ikan buntal alias fugu ini memiliki tingkat racun yang sangat tinggi,” kata Kapolsek Saparua AKP Yopy Walalayo, dikutip dari beritasatu.com, Kamis (7/3/2024).

Advertisement

Berdasarkan keterangan dari Steven Berhitu, suami dan ayah korban, sekitar pukul 08.30 WIT, dia bersama isteri dan anak-anaknya berada di rumah.

Baca Juga :  Prakiraan Cuaca Bogor Kamis 28 Maret 2024, Diprediksi Hujan Ringan Siang Hari

“Saat itu, saya sedang menggoreng ikan untuk dimakan oleh keluarga sebelum kami pergi ke sungai,” ucapnya.

Lenny bersama kedua anaknya memakan ikan buntal, khususnya bagian telurnya yang telah digoreng sejak semalam.

Kemudian, sekitar pukul 08.50 WIT, Lenny bersama Keisya dan Chrismen pergi ke sungai, sementara Chrismen tetap bersama Steven di rumah.

Beberapa saat kemudian, Chrismen mengeluhkan tubuhnya tiba-tiba lemas kepada ayahnya, Steven. Namun, pada awalnya Steven menganggap itu sebagai masalah biasa.

Pada sekitar pukul 09.40 WIT, seorang warga bernama Mimi membawa pulang Lenny dari sungai karena dia sudah sangat lemas.

Baca Juga :  Kondisi Terkini Bayi Perempuan yang Ditemukan di Tumpukan Sampah di Bogor, Polisi Buru Pelaku

“Isteri saya meminta saya segera membawa mereka ke rumah sakit karena selain merasa lemas, mulut dan kerongkongan mereka juga terasa sakit,” jelas Steven, yang dikutip oleh kapolsek dari keterangan saksi.

Beberapa warga membantu mengangkut ketiga korban ke RSUD Saparua pada pukul 10.00 WIT. Namun, upaya penyelamatan mereka sia-sia dan mereka meninggal dunia sekitar pukul 12.00 WIT.

Steven menerima kematian isteri dan kedua anaknya sebagai musibah dan menolak dilakukannya autopsi. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================