Fakta Ikan Buntal yang Perlu Diketahui, Tak Hanya Beracun

ikan buntal
ikan buntal alias Fugu.

TIMETODAY.ID –  Salah satu informasi yang paling terkenal tentang ikan buntal adalah keberadaan racun di dalamnya.

Racun yang ditemukan dalam ikan Buntal atau fugu ini, termasuk salah satu racun alami paling mematikan di dunia. Namun, tidak hanya racunnya yang menjadi sorotan, masih ada banyak informasi menarik lainnya tentang ikan buntal.

Ikan buntal sering kali menjadi bagian dari hidangan masakan Jepang seperti sushi atau sashimi. Namun, karena racun tetrodotoksin yang terdapat di dalamnya, tidak semua orang mampu memasak ikan ini dengan aman untuk dinikmati.

Advertisement

Fakta tentang Ikan Buntal

Sebelum mengolah atau mengonsumsi ikan buntal, penting untuk memperhatikan informasi berikut:

  1. Sangat Beracun

Satu hal yang perlu ditekankan tentang ikan buntal adalah kandungan racunnya. Ikan ini mengandung racun tetrodotoksin yang bisa mengganggu sistem saraf dan berpotensi mematikan.

Baca Juga :  Waspada! Ini Ciri – ciri Cacar Monyet

Bahkan, racun ini diketahui lebih mematikan daripada sianida. Konsumsi sekitar 1–4 miligram racun tetrodotoksin murni saja sudah dapat berakibat fatal bagi manusia. Gejala keracunan ikan buntal termasuk mati rasa di mulut, mual, dan muntah.

Di Jepang, beberapa kasus keracunan makanan berasal dari konsumsi ikan buntal, dengan beberapa di antaranya berujung pada kematian.

  1. Harus Dibersihkan dengan Hati-Hati Sebelum Dikonsumsi

Racun tetrodotoksin terkonsentrasi di hati, kelenjar kelamin, dan kulit ikan buntal. Untuk memastikan keamanan konsumsi, bagian-bagian yang mengandung racun harus dibuang dengan hati-hati agar daging ikan tidak terkontaminasi.

Baca Juga :  Daftar 8 Penyakit yang Bisa Sembuh dengan Berpuasa

Karena itu, tidak disarankan untuk mengolah ikan buntal di rumah, dan lebih baik disiapkan oleh koki yang terlatih dalam penanganan ikan buntal.

  1. Racun Tidak Hilang dengan Dimasak

Satu informasi penting lainnya adalah bahwa racun tetrodotoksin dalam ikan buntal tidak akan hilang meskipun dimasak atau dibekukan.

Jika tidak diolah dengan benar, racun dari organ-organ ikan buntal dapat menyebar dan terabsorpsi ke dalam dagingnya.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki koki atau ahli masak yang terlatih dalam membersihkan dan mengolah ikan buntal agar menjadi hidangan yang aman dikonsumsi. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================