Bahan dan Cara Membuat Lontong Cap Go Meh

Cap Go Meh
Lontong Cap Go Meh

TIMETODAY.ID – Pesta Imlek umumnya tidak pernah meninggalkan perayaan Cap Go Meh, acara penutup yang diadakan pada hari ke-15 setelah malam Tahun Baru Imlek.

Saat merayakan peristiwa ini, Anda akan disuguhi berbagai tradisi hiburan yang meriah dan spektakuler. Tak kalah menarik dari perayaan itu adalah hidangan khusus Cap Go Meh, dengan salah satu hidangan wajibnya adalah lontong Cap Go Meh.

Untuk membuat hidangan lontong Cap Go Meh yang lengkap, jangan lupa menyajikan berbagai menu khas lainnya agar rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek semakin sempurna.

Advertisement

Ingin menikmati hidangan yang lezat? Berikut adalah resep untuk menu khas Cap Go Meh!

Baca Juga :  Edensor Hills, Surga Tersembunyi di Pinggiran Sentul Bogor

Lontong Cap Go Meh

Lontong Cap Go Meh merupakan perpaduan kuliner dari budaya Tionghoa dan Jawa. Dibentuk bulat memanjang, sehingga saat dipotong, lontong menyerupai bulan purnama. Menu ini memiliki makna sebagai simbol rezeki melimpah, keberuntungan, dan kesehatan.

Jangan lupa membungkus lontong dengan daun pisang. Berikut resep lontong ala Cap Go Meh yang bisa Anda coba:

Bahan:

  • 500 gram beras (cuci bersih dan tiriskan)
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Cara membuat

  1. Belah daun pisang menjadi lembaran dengan ukuran 25×30 cm untuk membungkus, lalu celupkan dalam air mendidih agar layu dan tidak mudah pecah saat disemat. Tiriskan hingga kering.
  2. Buat selongsong dengan menggulung daun pisang, satu ujungnya disematkan menggunakan lidi.
  3. Masukkan setengah bagian beras ke dalamnya. Kemudian, lipat ujung daun dan sematkan dengan lidi. Masukkan ke dalam panci dan tambahkan air hingga lontong terendam.
  4. Rebus selama 5-6 jam; jika air hampir habis, tambahkan air panas. Jika ditekan dan terasa beras sudah padat, artinya lontong sudah matang. Siram dengan air dingin agar daun pisang tetap bersih, lalu letakkan miring agar air benar-benar tiris.
  5. Siap disajikan! ***
Baca Juga :  Asimetri Kopi, Tempat Nongkrong di Bogor Tawarkan Menu Buka Puasa

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================