12 Rumah Rusak di Cibadak Sukabumi Rusak, Imbas Tanah Longsor

Tanah longsor
Bencana tanah longsor terjadi di Kampung Cibatu, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu, 24 Januari 2024. (Beritasatu.com/Riza)

TIMETODAY.IDTanah longsor menyebabkan 12 rumah warga mengalami kerusakan di Kampung Cibatuhilir, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Rabu (24/1/2024) pagi.

Melansir beritasatu.com, Abeng Baenuri, Kepala Desa Sekarwangi, menyampaikan bahwa warga terpaksa harus mengungsi karena dampak tanah longsor yang disebabkan oleh hujan deras sejak Rabu pagi.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tanah longsor di RT 01/11 Desa Sekarwangi,” kata Abeng.

Advertisement

Abeng menerima informasi mengenai pergerakan tanah di Kampung Cibatuhilir sekitar pukul 06.30 WIB dan segera menuju ke lokasi kejadian.

Setelah tiba di lokasi, dia melihat beberapa rumpun bambu sudah miring. Abeng kemudian mengimbau warga yang rumahnya berada di sekitar tebing untuk segera mengungsi ke tempat yang aman.

Baca Juga :  Terungkap, Ini Penyebab Ledakan Gudang Amunisi di Bogor

Beberapa waktu kemudian, terjadi longsoran tanah di area tebing yang menimpa 12 rumah warga, awalnya 10 rumah dan kemudian bertambah menjadi 12.

Sejumlah rumah lainnya yang berada di bawah tebing dan searah dengan longsoran juga terancam, meskipun penghuninya sudah diimbau untuk tidak tinggal di dalam rumah.

Abeng mengingatkan warga agar tidak mendekat ke lokasi bencana, karena longsoran kecil masih terus terjadi.

Meskipun petugas sudah berada di sekitar lokasi longsor, evakuasi barang-barang dari rumah yang terdampak belum dapat dilakukan karena khawatir akan terjadi longsor susulan.

Baca Juga :  Gelar Diskusi Bersama BEM se-Bogor Raya, Bacawalkot Aji Jaya Bintara Bahas 4 Isu Besar

Sementara itu, Sandra Fitria, Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, menyatakan bahwa hingga saat ini, 12 rumah warga mengalami kerusakan berat akibat longsoran tanah di Kampung Cibatuhilir.

“Warga yang terdampak tanah longsor sudah mengungsi ke rumah kerabat atau tetangga,” ungkapnya.

Atas peristiwa itu, BPBD mengimbau agar warga tetap waspada dan menjauhi area yang memiliki risiko tanah longsor. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================