BMKG Mencatat Periode  6-14 Desember 2023 Terjadi 50 Kali Gempa di Lokasi Berdekatan

gempa
Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meterologi, Klimatologi dan Gesofisika (BMKG) Daryono. Foto : Istimewa.

TIMETODAY.ID – Gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Kamis, 14 Desember 2023 sekira pukul 06.35 WIB dengan kekuatan 4,6 magnitudo menyebabkan sejumlah rumah rusak ringan.

Berdasarkan data yang dihimpun timetoday.id dari sumber yang terpercaya, tercatat sembilan rumah di Desa Cipeuteuy, Sukabumi rusak ringan.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meterologi, Klimatologi dan Gesofisika (BMKG) Daryono menyebut, gempa ini tergolong gempa darat dan dangkal. Kedalamannya hanya 5 km.

Advertisement
Baca Juga :  Usai Bogor, Gempa Guncang Banten Magnitudo 5,9

“Gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif,” kata Daryono dalam keterangannya.

Hasil monitoring gempa bumi sejak 6 Desember 2023 hingga 14 Desember 2023 pukul 06.35 WIB sudah terjadi Gempa bumi sebanyak 50 kali di lokasi yang berdekatan.

Dampak Gempabumi

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan  di wilayah Pamijahan dengan Skala Intensitas III – IV MMI.

Baca Juga :  Rabu Dini Hari, Bogor Diguncang Gempa Magnitudo 2,1

Di Panggarangan, Bayah, Kalapanunggal, Cilograng, Bogor dengan Skala Intensitas III MMI, Ciputat, Tangerang dengan Skala Intensitas II – III MMI, Palabuhan Ratu dengan Skala Intensitas II MMI.  ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================