Game Fortnite.

TIMETODAY.ID – Sejumlah orangtua di Kanada menggugat Epic Games. Gugatan itu dilayangkan kepada hakim di Kanada karena game Fortnite  telah membuat anak-anak mereka kecanduan.

Gugatan pertama kali diajukan atas nama dua anak. Orangtua keduanya mengklaim bahwa sifat adiktif Fortnite membuat anak-anak mereka bermain game secara kompulsif. Epic Games pun disalahkan atas hal ini.

Epic Games
Game Fortnite

Untuk diketahui, Fortnite sendiri merupakan salah satu game free-to-play yang paling sukses dari Epic, dengan banyaknya pemain login setiap hari, termasuk di antaranya adalah anak-anak.

Advertisement

Segmen game anak inilah jadi sasaran gugatan para orangtua sejak tahun 2019. Tiga orangtua mengajukan gugatan terhadap Epic Games dengan tudingan, anak-anaknya telah kecanduan Fortnite dan mengalami kerugian sebagai akibatnya.

Melansir dari Gamerant.com, Jumat (16/12/2022), para penggugat ini menambahkan, pengembang game tersebut sengaja merancangnya untuk membuat ketagihan pemainnya.

Kerugian yang dituduhkan termasuk menghabiskan banyak uang untuk V-Bucks, penarikan diri dari keluarga, dan efek psikologis seperti serangan panik.

CTV News melaporkan, hakim Quebec percaya bahwa klaim penggugat “tampaknya tidak sembrono atau secara nyata tidak beralasan,” dan dengan demikian, mengesahkan gugatan ini.

Faktor relevan yang disebutkan hakim sebelumnya adalah klasifikasi kecanduan video game oleh World Health Organization sebagai penyakit.

Baca Juga :  Rekomendasi Jaket Olahraga Wanita dengan Desain Stylish dan Modern

Ini dinilai sebagai referensi yang tepat mengingat salah satu orangtua di gugatan ini mengajukan laporan soal diagnosis putranya.

Respon Epic Games

Sementara itu, Epic Games kepada CTV News dengan pernyataan yang menegaskan, kontrol orangtua Fortnite memungkinkan orangtua melacak waktu bermain anak, dan memberlakukan batasan pengeluaran untuk pembelian dalam game

Epic Games

Perusahaan juga menggambarkan kasus tersebut sebagai “tidak pantas” dan menyatakan niatnya untuk membawanya ke pengadilan.

Pengesahan akun ini terjadi selang beberapa hari, setelah Epic Games meluncurkan sistem akun baru khusus anak, yang mereka beri nama Cabined Accounts.

Cabined Accounts diluncurkan sebagai akun Epic tipe baru, yang diklaim akan memberikan pengalaman yang disesuaikan, serta aman dan inklusif untuk pemain di bawah umur.

Akun ini sudah mulai diluncurkan pada beberapa gim yaitu Fortnite, Rocket League, dan Fall Guys pada pekan lalu. Cara kerjanya, semua pemain secara global, akan diminta untuk memberikan tanggal lahir mereka saat login

Luncurkan Cabined Accounts

Jika seseorang menunjukkan dirinya berusia di bawah 13 tahun atau usia persetujuan digital negara mereka yang mungkin lebih tinggi, akun yang dibuatnya akan menjadi Cabined Accounts.

Baca Juga :  Deratan Peristiwa Penting yang Diperingati setiap 12 Februari, Cek Selengkapnya!

Mereka pun akan diminta untuk memberikan alamat email orangtua atau wali, untuk memulai proses izin orangtua.

Epic Games

Sembari menunggu persetujuan ini, pemain anak masih bisa menikmati Fortnite, Rocket League, atau Fall Guys dengan akses penuh ke konten dalam gim yang sudah dibeli atau diperoleh sebelumnya.

Hanya saja, dalam Cabined Accounts, akan ada beberapa fitur yang dimatikan seperti chat maupun pembelian. Sementara, orangtua atau wali pemain akan mendapatkan email yang memberitahu mereka tentang akun Epic anaknya.

Fitur yang Dikontrol Orangtua

Dengan mengikuti tautan yang ada, mereka akan bisa melihat informasi tentang praktik privasi, memberikan persetujuan fitur tambahan, menyiapkan Parental Control, dan akan diminta verifikasi bahwa mereka adalah orang dewasa.

Setelah pemain menerima persetujuan orangtua, mereka tidak akan lagi berada di Cabined Accounts, dan pengalaman mereka akan menghormati pengaturan kontrol orangtua pilihan orangtua atau wali.

Jadi, seperti dikutip dari IGN, apabila ingin melakukan microtransaction, maka anak-anak harus mendapatkan persetujuan dari orangtua atau wali mereka. Begitu pula jika ingin mengobrol dengan teman melalui voice chat. (*)

=========================================================