Libur HUT RI, Jalur Puncak Mulai Dipadati Kendaraan Plat Luar Bogor

TIMETODAY.ID, BOGOR | Libur Nasional HUT RI ke 76 membuat arus lalu lintas menuju Puncak, Kabupaten Bogor alami peningkatan. Bahkan, petugas kepolisian Satlantas Polres Bogor menutup jalur atau memberlakukan sistem One Way (satu arah) di Simpang Gadog.

Pantauan Bogor Today, Selasa (17/8/2021) siang, terlihat kendaraan roda dua dan empat dari arah Ciawi menuju Puncak dialihkan ke jalur alternatif.

Kasatlantas Polres Bogor, Iptu Dicky Anggi Pranata menuturkan, berdasarkan pantauan memang arus lalu lintas dari get tol maupun yang terlihat di depan Simpang Gadog ada peningkatan, tetapi tidak signifikan.

Advertisement

“Kami petugas baik Satlantas maupun Gugus Tugas sudah mengantisipasi hal tersebut dengan menyebar anggota hari ini. Jadi seperti hari hari libur nasional maupun weekend kita menambahkan anggota sebanyak 120 personel, kami sebar di sepanjang jalur Puncak,” kata Dicky saat ditemui Bogor Today, di lokasi.

Baca Juga :  Ibu Rumah Tangga di Bogor Dianiaya Pria Misterius, Polisi Buru Pelaku

Lanjut Dicky, bagi pengendara atau wisatawan yang hendak ke jalur Puncak ini tentunya dilakukan pemeriksaan, seperti pemeriksaan swab antigen negatif dan juga surat vaksin.

“Kendaraan yang diputar balik cukup banyak, mereka yang di putar balik ini rata-rata wisatawan dan tidak bisa menunjukkan persyaratan Covid-19, seperti swab antigen negatif dan kartu vaksin. Untuk datanya masih kita rekap,” ujarnya.

Masih kata Dicky, pemberlakuan sistem satu arah atau one way ini sifatnya situasional, tujuannya untuk menghindari kepadatan lalu lintas di jalur Puncak arah Jakarta, dimana jika tidak diberlakukan satu arah akan menimbulkan kerumunan.

Baca Juga :  Di Depan Hakim, Saksi Mujiyono Mengaku Sempat Diminta RP 900 Juta Oleh Oknum Auditor BPK

“Jadi one way situasional untuk menghindari kepadatan di atas (Puncak, red) yang akhirnya menimbulkan kerumunan, sehingga kami ambil tindakan untuk melakukan penutupan dari bawah untuk dilakukan one way arah bawah, jadi pengurangan arus ke bawah,” katanya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat atau wisatawan ini untuk melengkapi persyaratan yang ada, seperti surat vaksin dan swab antigen negatif. Kemudian menaati protokol kesehatan yang sudah menjadi kewajiban.

“Selain itu tingkat kesadaran dari masyarakat juga bahwasanya pandemi covid ini belum berakhir, jadi apabila tidak terlalu penting sebaiknya di rumah saja. Mari dukung program pemerintah yaitu ikuti vaksin,” pungkasnya. (hry)

=========================================================