Dodol Durian Rancamaya Merah Putih Spesial HUT RI ke 76

TIMETODAY.ID, BOGOR | Meski tanpa ada pesta rakyat, namun peringatan HUT RI ke-76 di Rancamaya cukup berwarna. Hal itu, karena warganya membuat dodol durian bernuansa merah putih berukuran jumbo.

Titin selaku pembuat dodol durian mengaku bangga karena peringatan HUT RI tahun ini menjadi bagian dari pemerintah melalui kelurahan untuk membuat dodol durian bernuansa merah putih. Dia juga mengaku bahwa ini merupakan kali pertama baginya.

“Jadi, sebelumnya Bu RT datang ke sini dan meminta untuk dibuatkan dodol berukuran besar, kemudian diatasnya dihias seperti bendera merah putih. Alhamdulillah hari ini dodolnya sudah selesai dan tadi Pak Lurah sama Bu RT datang ke sini untuk mengambil dodolnya,” kata Titin kepada Bogor Today, Selasa (17/8/2021).

Advertisement
Baca Juga :  Pemkab Bogor Siap Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan

Titin menjelaskan, dodol yang dibuatnya itu berbahan dasar durian yang merupakan ciri khas Rancamaya. Selain itu, dirinya juga mengaku tidak ada kendala selama membuat dodol tersebut.

“Produksinya cuma 3 hari dan selama membuat dodol engga ada kendala ya, sama seperti membuat dodol lain, cuma perbedaannya dodol yang ini berukuran besar,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Lurah Rancamaya Arief Hidayat mengatakan, bahwa dodol durian berwarna merah putih ini berawal dari ide Kasi Ekonomi dan Pembangunan kelurahan yang ingin menampilkan HUT RI ke 76 sedikit berbeda, yaitu memberdayakan UMKM dodol yang ada di wilayahnya.

“Wilayah kita dari dulu memang di kenal dengan duriannya, atau istilahnya sudah menjadi ciri khas, jadi di momentum hari kemerdekaan ini kita ingin menampilkan hasil karya warga kami yaitu dodol durian jumbo berwarna merah putih,” kata Arief.

Baca Juga :  Cegah Korupsi, Tirta Pakuan Fokus Pengawasan Administrasi Tata Kelola Internal Perusahaan

Sementara itu, Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Rancamaya Adang Mulyadi menuturkan, bahwa dodol durian berwarna merah putih buatan warga ini rencananya akan dibagikan juga kepada masyarakat dan akan dilakukan di hari Kamis besok.

“Kami dari kelurahan berterima kasih kepada warga yang sudah ikut berpartisipasi dalam memperingati HUT RI ke 76 ini. InsyaAllah, besok dodol merah putih akan kita bagikan kepada masyarakat,” ujarnya. (hry)

=========================================================