Emang Boleh Siram Air ke Piringan Cakram saat Kondisi Panas? Begini Kata Ahlinya

cakram
Ilustrasi/freepik.com

TIMETODAY.ID – Sebuah video menjadi viral di media sosial karena menunjukkan seorang pengendara sepeda motor yang menyiramkan air ke piringan cakram saat dalam kondisi panas dan berasap.

Meskipun cara ini mungkin dapat menurunkan suhu komponen dalam keadaan darurat, perlu diingat bahwa efeknya bisa merugikan dalam jangka panjang.

Dalam video berdurasi 21 detik tersebut, terlihat beberapa botol plastik berisi air terpasang di tiang listrik dengan tulisan ‘Awas Rem Panas Bikin Blong, Silahkan Siram di Sini’.

Advertisement

Pengendara motor kemudian mendekati tiang tersebut dan menggunakan sebotol air untuk menyiram sistem pengereman cakram.

Cakram motor yang panas karena menahan laju kendaraan mengeluarkan asap ketika terkena air. Meskipun mungkin dianggap sebagai solusi untuk mengatasi rem blong saat menuruni tanjakan, penting untuk menyadari bahwa menyiram air pada cakram yang sedang panas dapat berbahaya, karena dapat merusak rem cakram dan menyebabkan retakan pada piringan cakram.

Baca Juga :  Pelayanan SIM Keliling Bogor, Sabtu 30 Maret 2024

Melansir laman resmi Honda Duta Motor, Minggu (7/1/2024) tindakan menyiram air pada rem cakram saat kondisi panas dapat mengubah sifat material rem dan merusak piringan cakram. Oleh karena itu, perawatan yang baik terhadap sistem pengereman sangat penting untuk mencegah kecelakaan.

Jika pengendara motor melihat tanda-tanda seperti piringan cakram terlalu tipis atau tidak merata, yang menunjukkan ketebalan berkurang hingga 0,5 mm, ini menjadi indikasi bahwa piringan cakram perlu diganti.

Baca Juga :  Libur Natal 2023, Layanan SIM Keliling Bogor Tidak Beroperasi

Sebagai solusi jika cakram panas dan pengereman berkurang, disarankan untuk menepi dan memberikan istirahat hingga suhu turun secara signifikan.

Tips lainnya adalah menghindari menempelkan jari terus-menerus pada pedal rem saat mengendarai motor, karena hal ini dapat membuat kampas rem terus menempel pada cakram, menyebabkan panas berlebihan. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================