Hari Ini Google Doodle Rayakan Hari Bumi 2024, Bagaimana Sejarahnya?

Google Doodle
Hari Ini Google Doodle Rayakan Hari Bumi 2024,

TIMETODAY.IDGoogle Doodle hari ini, Senin (22/4/2024) merayakan Hari Bumi 2024 dengan menampilkan sebuah animasi menarik di halaman pencarian, menampilkan deretan gambar bumi dari udara.

Google merayakan peristiwa tahunan ini dengan visualisasi yang menarik, mengekspresikan apresiasinya terhadap upaya penanganan perubahan iklim yang sedang dilakukan di berbagai negara.

Hari Bumi, sebuah acara tahunan yang diperingati di seluruh dunia pada 22 April, bertujuan untuk menunjukkan dukungan terhadap perlindungan lingkungan.

Advertisement

Sejarah Hari Bumi

Sejarah peringatan Hari Bumi bermula pada tahun 1970 ketika Senator dan pendidik lingkungan asal Amerika Serikat, Gaylord Nelson, mencetuskan perayaan ini untuk meningkatkan kesadaran dan penghargaan terhadap planet kita.

Baca Juga :  Beredar Video Ulat Bulu Amerika Disebut Mematikan, Ini Penjelasan Dokter

PBB sendiri merayakan Hari Bumi pada 20 Maret, tradisi yang dicetuskan oleh aktivis perdamaian John McConnell pada tahun 1969, yang bertepatan dengan hari ekuinoks Maret.

Di Jepang, tanggal 20 dan 21 Maret dijadikan hari libur resmi untuk merayakan Hari Ekuinoks Musim Semi, momen di mana siang dan malam memiliki durasi yang sama.

Penanganan perubahan iklim telah menjadi fokus utama dalam berbagai pertemuan pemimpin dunia, dimulai sejak tahun 1992 melalui Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perubahan Iklim (UNFCCC), dan diikuti oleh Protokol Kyoto pada tahun 1997 dan Perjanjian Paris pada tahun 2016.

Indonesia juga telah mengambil langkah dalam penanganan perubahan iklim dengan meratifikasi UNFCCC melalui Undang-Undang No.6 Tahun 1994 dan Perjanjian Paris melalui Undang-Undang No. 16 tahun 2016.

Baca Juga :  Tanggal Berapa Malam Lailatul Qadar? Simak Penjelasannya

Melalui kedua ratifikasi ini, Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan beradaptasi terhadap perubahan iklim.

Pertemuan G20 juga telah memasukkan penanganan perubahan iklim sebagai salah satu fokus isu, dengan Presidensi G20 Italia di tahun 2021 membentuk kembali Kelompok Kerja Keuangan Berkelanjutan (SFWG) G20 untuk mendukung keuangan berkelanjutan yang sesuai dengan Agenda 2030 dan tujuan Perjanjian Paris.

Selamat Hari Bumi 2024! ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================