5 Pasar Ramadan di Jogja yang Bisa Jadi Tempat Berburu Takjil, Cek Lokasinya!

pasar Ramadan
Foto : wisata dairy.

TIMETODAY.ID – Anda tahu bahwa di Jogja ada lima pasar Ramadan yang dapat dijadikan tempat untuk mencari takjil menjelang berbuka puasa.

Salah satu tradisi yang sangat ditunggu-tunggu oleh penduduk setempat saat bulan puasa adalah mengunjungi pasar-pasar Ramadhan.

Di Jogja, ada banyak pasar Ramadhan terkenal di mana Anda dapat mencari makanan untuk berbuka puasa.

Advertisement

Manakah pasar Ramadhan di Jogja yang cocok untuk menjadi tempat Anda ngabuburit sambil menunggu azan maghrib? Mari kita lihat di sini!

  1. Lembah UGM

Bagi mahasiswa yang pernah belajar di Jogja, mereka pasti familiar dengan keberadaan pedagang takjil di lembah UGM saat bulan Ramadan tiba.

Pasar Ramadhan di lembah UGM sangat membantu mahasiswa yang mencari takjil, dan kadang-kadang mahasiswa juga menjadi pedagang makanan di sana.

  1. Kampung Ramadan Jogokariyan

Kampung Ramadan Jogokariyan mungkin juga merupakan salah satu pasar kaget yang didirikan oleh inisiatif warga yang aktif dalam kegiatan keagamaan.

Baca Juga :  5 Ide Resep Takjil Buka Puasa yang Patut Kamu Coba, Jadikan Momen Berbuka Puasa Lebih Nikmat

Pasar kaget ini setiap tahunnya ramai dengan ratusan pedagang dan pengunjung yang terus bertambah.

Selain pasar, Kampung Ramadan Jogokariyan juga menyediakan sekitar 3000 takjil gratis selama bulan Ramadhan yang dikelola oleh takmir Masjid Jogokariyan.

  1. Pasar Sore Ramadan Kauman

Pasar kaget di Kampung Kauman dapat dianggap sebagai salah satu pasar kaget tertua di Yogyakarta.

Berdiri sejak tahun 90-an, Pasar Sore Ramadan Kauman didirikan oleh inisiatif warga Kampung Kauman yang religius dan selalu antusias menyambut bulan suci ini.

Selain itu, setiap sore di bulan Ramadan, warga Kampung Kauman juga menyajikan takjil gratis untuk pengunjung yang ingin berbuka, terutama di Masjid Gedhe Kauman.

  1. Pasar Ramadhan Pakualaman

Pasar Ramadan Pakualaman mulai beroperasi sejak tahun 2015 berkat kerja sama antara warga Kelurahan Purwokinanti dan salah satu hotel di Jalan Gajah Mada.

Baca Juga :  10 Tempat Seru Merayakan Tahun Baru 2024 di Bogor, Catat Lokasinya!

Meskipun dikenal dengan nama Gajah Mada Ramadhan Festival karena lokasinya, banyak orang yang lebih mengenalnya dengan nama Pasar Ramadhan Pakualaman.

Di sini, selain takjil beragam, pengunjung juga dapat menemukan pedagang yang menjual produk lain seperti batu akik dan pakaian.

Keistimewaan dari Pasar Ramadan Pakualaman adalah dekorasi payung-payung yang mempercantik lokasi tersebut.

  1. Jalur Gaza Jogja

Meskipun namanya terdengar seperti daerah di Palestina, pasar Ramadhan di Jogja ini sebenarnya adalah singkatan dari jajanan lauk sayur gubuk ashar serba ada.

Jalur Gaza dapat ditemui di sepanjang jalan Nitikan dan selalu hadir hampir setiap bulan Ramadan.

Demikian informasi singkat soal pasar Ramadan di Yogyakarta yang bisa jadi rekomendasi kamu untuk berburu takjil berbuka puasa. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp timetoday wa channel

=========================================================