Jaringan Jurnalis Bogor Gelar Diskusi Publik Perdana

Jaringan Jurnalis Bogor
Jaringan Jurnalis Bogor (JJB) menyelenggarakan diskusi publik perdana di Taman Cibinong Situ Plaza, Kabupaten Bogor, Kamis (11/1/2024). Foto : Dokumentasi JJB.

TIMETODAY.IDJaringan Jurnalis Bogor (JJB) menyelenggarakan diskusi publik perdana di Taman Cibinong Situ Plaza, Kabupaten Bogor, Kamis (11/1/2024).

Ketua Harian JJB, Effendi Lumban Tobing, menyebut diskusi publik ini merupakan kegiatan dadakan yang disiapkan hanya dalam waktu empat hari terakhir. Meskipun begitu, pelaksanaannya pada hari tersebut dianggap sukses dan sesuai dengan harapan.

Tobing menjelaskan bahwa persiapan untuk diskusi publik dimulai setelah Rapat Kerja (Raker) di Pelabuhan Ratu pada akhir Desember 2023 lalu.

Advertisement

Dalam waktu empat hari terakhir, ide untuk menyelenggarakan diskusi publik baru muncul, dan Tobing mengakui bahwa persiapannya cukup singkat.

Diskusi publik yang kami selenggarakan pada hari ini persiapannya terbilang sangat dadakan. Karena diawali dari membuat rencana kegiatan usai kita melaksanakan Rapat Kerja (Raker) di Pelabuhan Ratu pada akhir Desember 2023 lalu, kita langsung menyusun rencana program kerja untuk tahun 2024, dan pada empat hari lalu baru tercetusnya diskusi publik yang pada hari ini kita lakukan,” kata  Tobing.

Meskipun Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu, yang seharusnya menjadi salah satu peserta diskusi, tidak dapat hadir karena jadwal yang bentrok, Tobing menyatakan bahwa kehadiran asisten dan staf ahli di Setda Kabupaten Bogor, serta tokoh masyarakat Ade Ruhandi alias Jaro Ade, membuat acara berlangsung sesuai harapan.

Baca Juga :  Kerjasama RSUD Leuwiliang Dengan Disdukcapil Kabupaten Bogor, Mudahkan Pelayanan

Tobing juga menyampaikan pemahaman terkait ketidakhadiran beberapa tokoh, termasuk Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu, dan Mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin, karena keterbatasan jadwal mereka.

Dalam penutupannya, Tobing berterima kasih kepada semua yang hadir dan berkontribusi dalam diskusi publik tersebut. Ia juga mengumumkan bahwa Jaringan Jurnalis Bogor akan menyelenggarakan kegiatan serupa pada 24 Januari 2024 mendatang.

Ade Ruhandi alias Jaro Ade, seorang tokoh masyarakat dan Calon Bupati (Cabup) Bogor, menyampaikan apresiasinya terhadap diselenggarakannya diskusi publik oleh Jaringan Jurnalis Bogor. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat diikuti oleh wadah-wadah wartawan lainnya untuk kebaikan Kabupaten Bogor.

“Pertama-tama dalam sambutan saya, saya sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya Diskusi Publik yang berlangsung pada hari ini oleh rekan-rekan di JJB. Semoga giat seperti ini, dapat diimplementasikan oleh wadah-wadah wartawan lainnya yang tujuannya untuk kebaikan Kabupaten Bogor,” ucap Jaro Ade.

Baca Juga :  Ikut Berburu Pahala, Insan Pers Tergabung di JJB Bagi-bagi Takjil Gratis

Suryanto Putra, Asisten Ekbang Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, juga mengungkapkan kekagumannya atas penyelenggaraan diskusi publik perdana oleh JJB. Ia menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Pj Bupati Bogor dan mewakili Pj Bupati yang memiliki agenda terjadwal di SMPN 1 Cibinong.

Sementara itu, Dr. Desi Hasbiyah, seorang Dosen Program Studi Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Djuanda, merasa bangga atas undangan sebagai narasumber dalam diskusi publik Jaringan Jurnalis Bogor. Desi berharap kegiatan semacam ini terus dilaksanakan untuk kemajuan Kabupaten Bogor di tahun-tahun mendatang.

Sebagai informasi tambahan, hadir dalam kegiatan itu Staf Ahli Ekbang Setda, Deni Humaedi, Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Bogor, Shinta Dec Checawati, kalangan aktivis mahasiswa Rumpin, ketua PWI Kabupaten Bogor, Subagiyo, ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor hasil Musdalub lalu, Wahyu Chaniago, dan tamu undangan yang dipandu langsung oleh Nurcholis Fardilah sebagai host sekaligus moderator diskusi publik tersebut. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau via whatsapp TIMETODAY WA CHANNEL

=========================================================