RSUD Leuwiliang Miliki Mammografi Siap Layani Pencegahan Kanker Payudara

RSUD-LEUWILIANG_6
Vitrie Winastri memastikan pelayanan mammografi ini gratis tanpa dipungut biaya. Apalagi, RSUD Leuwiliang telah memiliki ruangan khusus untuk pemeriksaan tersebut yang digelar rutin setiap tahunnya. (FOTO : IST)

TIMETODAY.ID – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Leuwiliang, Kabupaten Bogor, melayani Pemeriksaan Deteksi Kanker Payudara gratis untuk perempuan.

Dengan sistem mammografi, kegiatan pelayanan kepada 10 orang warga yang dilaksanakan Sabtu (2/12/2023) tersebut dilakukan sebagai rangkaian dari peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN).

“Pemeriksaan mammografi ini khusus ibu-ibu, ini dilaksanakan untuk mendeteksi kelainan atau masalah di payudara,” ungkap Direktur RSUD Leuwiliang, Vitrie Winastri dalam keterangannya.

Advertisement

Vitrie Winastri menjelaskan, sistem mammografi merupakan pemeriksaan payudara secara lanjutan dengan alat rontgen.

Alat ini, kata Vitrie Winastri, akan secara maksimal mencegah terjadinya penyakit payudara yang diderita perempuan.

Baca Juga :  RSUD Leuwiliang Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu 2024, Libatkan Usur Muspika Hingga Pemerintah Desa

“Biasanya di awal itu ada pemeriksaan SADARI (pemeriksaan payudara sendiri)  di rumah masing-masing nah ini pemeriksaan lanjutannya dengan alat rontgen,” jelasnya.

Vitrie Winastri memastikan pelayanan mammografi ini gratis tanpa dipungut biaya. Apalagi, RSUD Leuwiliang telah memiliki ruangan khusus untuk pemeriksaan tersebut yang digelar rutin setiap tahunnya.

“Ini gratis untuk mammografinya. Dan RSUD Leuwiliang memiliki ruangan mammografi untuk pemeriksaan itu,” kata Vitrie Winastri.

Secara rinci mammografi adalah pemeriksaan radiologi yang ditujukan untuk melihat ada atau tidaknya kelainan yang mengarah pada kanker di area payudara.

Prosedur ini menggunakan foto X-Ray dan disarankan untuk pasien yang berusia di atas 35 atau 40 tahun.

Baca Juga :  Senyum dan Berpikir Positif Saat Melayani Pasien di RSUD Leuwiliang

Pemeriksaan mammografi penting untuk dilakukan karena cukup sensitif untuk mendeteksi tanda dan gejala awal kanker payudara.

Mammografi juga merupakan upaya untuk memastikan jika tidak ada kelainan dari payudara setelah metode pemeriksaan SADARI yang dianggap belum cukup itu dilakukan.

Hal itu dikarenakan metode SADARI terkadang dilakukan dengan teknik yang kurang tepat. Akibatnya, benjolan tidak terdeteksi. Oleh sebab itu, Mammografi yang disediakan RSUD Leuwiliang adalah salah satu solusinya. ***

 

=========================================================