Palestina
Special Night For Palestine, Kolaborasi Dukung Kemerdekaan Palestina. Foto : Istimewa.

TIMETODAY.ID – Wali Kota Bogor, Bima Arya menilai aksi solidaritas dan kepedulian di Sekolah Alam Bogor maupun di Kota Bogor menggambarkan konsistensi dan kolaborasi semua pihak yang peduli akan kemanusiaan serta kemerdekaan Palestina sebagai negara berdaulat dan bersatu.

“Dukungan dan kepedulian kepada Palestina adalah konsistensi Indonesia. Siapapun presidennya, maka sampai kapanpun Indonesia mendukung negara Palestina yang merdeka, bersatu dan berdaulat, tidak mungkin sendiri dan tidak mungkin sekali, harus beramai-ramai dan berkali-kali. Kota lain boleh sekali tapi Kota Bogor harus lebih dari yang lain, harus berkali-kali. Pertanyaannya adalah sampai kapan kita berkolaborasi, peduli dan memberi dukungan? Sampai Palestina berdaulat penuh dan diakui seluruh negara, termasuk oleh Amerika Serikat, Perancis dan Inggris, Allahu Akbar,” tegas Bima Arya saat acara Special Night For Palestine di Sekolah Alam Bogor, Jumat (1/12/2023) malam.

Konsistensi dan kolaborasi dinilai sebagai hal yang luar biasa dari gagasan kegiatan Special Night For Palestina, yang ke depan akan ada rangkaian Calendar of Event yang lebih panjang dalam mendukung perjuangan Palestina.

Advertisement

Dengan dukungan generasi muda kreatif, para kolaborator dan didukung media menyentuh para pihak yang belum terlalu ‘ngeh’ tentang kejahatan kemanusiaan oleh zionis israel, rangkul organisasi yang masih bingung dalam membantu Palestina.

Baca Juga :  Komisi I DPRD Kota Bogor Perjuangkan Nasib 6997 Pegawai Honorer Kota Bogor

“Siapapun pemimpin Kota Bogor atau siapapun para wakil rakyat, semua akan terhimpun dalam gerakan ini, di Calender of Event hingga di ujung nanti. Apresiasi saya untuk inisiator, target kita harus melebihi yang lain, semoga Allah SWT meluruskan, membantu dan membersihkan niat kita dalam mendukung perjuangan Palestina merdeka,” kata Bima Arya.

Bima Arya menyebut, Mesir menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, tapi tokoh dunia yang menyatakan dukungan kemerdekaan Indonesia adalah tokoh dari Palestina, yaitu Syaikh Amin Al Husaeni. Dia menyatakan dukungannya bagi kemerdekaan Indonesia disaat belum ada negara yang menyatakan dukungan kemerdekaan Indonesia.  Saat ini dari 193 negara di dunia, sebanyak 139 sudah menyatakan dukungan untuk Palestina.

“Terkait Palestina, sejarah Indonesia adalah sejarah tentang konsistensi dukungan terhadap kemerdekaan Palestina. Kejadian anak-anak dan para ibu Palestina di bom, rumah sakit dihancurkan, dizalimi bahkan hak-haknya direbut, tidak hanya hak untuk merdeka, tapi juga hak untuk hidup dengan layak, maka tidak mungkin didiamkan  mengingat dalam sejarahnya Palestina termasuk negara pertama yang mendukung dan mengakui kemerdekaan Indonesia.

Ketua Yayasan Salamaid Nusantara, Husnan menyampaikan, kegiatan ini sebagai upaya terbaik menggerakkan warga Kota Bogor bersama warga lainnya untuk mendukung kemerdekaan Palestina sebagai bagian dari warga dunia menyuarakan pembelaan terhadap Palestina.

Baca Juga :  Presiden Joko Widodo Meresmikan Jembatan Otista Kota Bogor

Dijelaskan Husnan bantuan yang sudah terkumpul per 1 Desember 2023 sebesar Rp 1,3 miliar dari ikhtiar Jaringan Sekolah Alam Nusantara. Melalui Mitra di Gaza sudah di distribusikan paket makanan, paket family healthy kid. Bersama TNI AL akan didistribusi kembali bantuan pada pekan depan.

Serupa dengan Bima Arya, CEO Radar Bogor, Hazairin Sitepu menegaskan, apa yang dilakukan untuk mendukung Palestina tidak akan berakhir, terus berlanjut sampai kapan pun.

“Apa yang kita lakukan tidak sekedar satu sikap terhadap Palestina, tapi perwujudan amanah pesan dasar ideologi kita, utamanya sila kedua. Apa yang dilakukan salamaid, tidak hanya panggilan kemanusiaan, tapi pembelajaran bagi kita. Saya mengajak semua untuk sama-sama menolong korban-korban di Gaza. Mudah-mudahan pertemuan ini menjadi pemicu bagi semua agar tergerak di waktu mendatang sampai memiliki arti dalam memberikan sumbangan bagi tragedi yang terjadi di Gaza,” kata Hazairin. ***

Follow dan Baca Artikel lainnya di Google News

=========================================================