sperma
Model cantik dengan perawatan kulit segar bersih dan sempurna. Foto : freepik.com

TIMETODAY.IDSperma diklaim dapat digunakan sebagai masker wajah. Beberapa orang meyakini sperma dapat mengatasi jerawat hingga mencegah penuaan. Klaim ini muncul di beberapa forum maupun blog perawatan kecantikan.

Lantas apakah benar sperma dapat digunakan sebagai masker wajah?

Melansir klikdokter.com, dr. Arina Heidyana mengungkapkan klaim tersebut tidak benar. Hingga saat ini, belum ada penelitian mengenai khasiat sperma dalam menghilangkan jerawat.

Advertisement

“Untuk mengobati jerawat, bisa menggunakan produk skincare yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Keduanya sudah terbukti efektif dalam mengatasi jerawat,” jelasnya.

Selain dapat mengatasi jerawat, sperma yang memiliki kandungan antioksidan spermine juga diyakni dapat mencegah penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus pada wajah.

Sebuah studi dalam jurnal Nature Cell Biology, menemukan bahwa menyuntikkan spermidine langsung ke dalam sel dapat memperlambat proses penuaan.  Sayangnya, riset tersebut masih sangat terbatas.

Untuk mencegah penuaan dini, dr. Arina Heidyana menyarankan agar menggunakan skincare yang memang sudah terbukti berperan sebagai antiaging, seperti vitamin C dan retinol.

Baca Juga :  HMI Sulap Posko KBM Jadi Tempat Bimbel Untuk Anak Mulyaharja

“Untuk menjaga kesehatan kulit, bisa mencukupi kebutuhan protein dari bahan makanan. Sebuah studi dalam American Journal of Epidemiology, menemukan bahwa pola makan kaya protein nabati, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu pertumbuhan sel yang sehat,” bebernya.

Banyak juga orang mengklaim bahwa sperma bermanfaat menjaga elastisitas kulit atau produksi kolagen. Sebab dalam sperma terdapat kandungan Zink yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

Meski sperma mengandung tiga persen kebutuhan zink harian. Namun, peningkatan produksi kolagen kulit bukan berasal dari zink dalam sperma. Zink sebaiknya didapatkan dari makanan, seperti seafood, kacang-kacangan, daging, susu, telur, dan sebagainya.

Kandungan urea dalam sperma diduga bisa memberikan efek melembapkan kulit wajah. Urea adalah produk limbah yang dihasilkan tubuh saat hati memecah protein.

Urea bermanfaat untuk melembapkan, mengangkat sel kulit mati, dan membantu penyerapan produk skincare ke dalam kulit. Namun, urea yang digunakan dalam skincare berbentuk sintetis, bukan berasal dari sperma.

Baca Juga :  Jadwal Puasa Sunah Bulan Muharram 1444 Hijriah

“Hingga saat ini, belum ada penelitian mengenai manfaat urea asli dari sperma untuk kecantikan kulit wajah,” katanya.

Klaim manfaat air mani untuk wajah juga muncul karena kandungan protein dan zink di dalam sperma. Keduanya memang mampu mengencangkan kulit sehingga pori-pori wajah dapat terlihat samar.

Namun sayangnya, belum ada riset ilmiah yang membuktikan kalau sperma bisa menyamarkan pori-pori.

Untuk menyamarkan pori-pori wajah, ia menyarankan agar rajin menggunakan pelembap dan melakukan eksfoliasi minimal dua kali seminggu. Kamu juga bisa melakukan laser di dokter kulit untuk hasil yang lebih cepat.

Manfaat sperma untuk wajah berikutnya diyakini bisa mengurangi peradangan kulit. Lagi-lagi, klaim ini dikaitkan dengan kandungan zink di dalam sperma. Seperti telah dijelaskan, zink memiliki sifat antiradang yang bagus untuk kulit.

Urea dalam zink juga berperan mengurangi peradangan. Sayangnya, klaim mengenai manfaat zink dalam sperma untuk wajah tersebut tidak berlandaskan bukti ilmiah sama sekali.

=========================================================