liburan

TIMETODAY.IDLiburan dapat memperbaiki suasana hati, memulihkan energi dan pikiran, hingga mendukung kesehatan fisik dan mental untuk jangka panjang. Namun, biasanya saat berlibur, gangguan kesehatan, seperti diare, demam, atau flu, bisa saja terjadi.

Agar tubuh tetap sehat dan liburan tetap bisa didapatkan, berikut 5 tips liburan yang dirangkum dr. Sienny Agustin dari alodokter.com.

7Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Liburan biasanya menjadi momen untuk mencicipi berbagai kuliner lokal di tempat yang dikunjungi. Hal ini boleh saja dilakukan asalkan Anda tetap memperhatikan asupan kalori dan nutrisi yang dikonsumsi, ya.

Pastikan Anda mencukupi asupan sayuran dan buah-buahan, serta memilih camilan yang sehat dan praktis, misalnya biskuit gandum, untuk bekal selama perjalanan. Selain itu, batasi pula makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam agar Anda tetap sehat selama liburan.

Baca Juga :  Obesitas Picu Penyakit Lain, Diabetes hingga Kanker

6Memperbanyak minum air putih

Penting untuk mencukupi kebutuhan cairan selama liburan agar tubuh tetap terhidrasi dan aktivitas liburan pun berjalan lancar. Orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 8 gelas air per hari, sedangkan anak-anak minum air sekitar 7 gelas per hari.

Selama berlibur, pastikan Anda dan keluarga mengonsumsi air mineral kemasan sehat dan berkualitas, yang berasal dari sumber alam yang murni dan terlindungi, dan prosesnya dilakukan tanpa tersentuh tangan manusia sehingga terjaga kemurnian dan kebersihannya, serta mudah dan ringan dimasukkan ke dalam tas sehingga praktis dibawa ke mana saja.

5Menyempatkan waktu untuk berolahraga

Liburan bukan berarti Anda bebas untuk tidak berolahraga. Luangkanlah waktu sekitar 150 menit per minggu untuk berjalan kaki, joging, fitness, atau berenang. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk ikut berolahraga setidaknya 1 jam per hari.

Baca Juga :  Air Hujan Bikin Sakit, Mitos atau Fakta?

Selain membakar kalori, olahraga dapat meredakan stres dan membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Hal ini tentunya akan membuat Anda dan keluarga lebih bertenaga dan tetap sehat selama liburan.

4Beristirahat yang cukup

Pastikan Anda dan keluarga tidur yang cukup selama liburan, yaitu sekitar 9 jam setiap malamnya. Tidur dan beristirahat yang cukup akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih berenergi, tidak mudah lelah, dan tidak gampang sakit.

3Mendapatkan vaksinasi

Guna mencegah penularan penyakit selama liburan, Anda dan keluarga dianjurkan untuk mendapatkan vaksin, seperti vaksin COVID-19 atau vaksin flu.

Selain vaksinasi, sering mencuci tangan dan membersihkan tubuh setiap selesai beraktivitas juga penting dilakukan untuk mencegah infeksi bakteri dan virus penyebab penyakit.

1Menyukai ini: